Cari

cari

Thursday, December 27, 2018

Tempat Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi di Semarang


Punya waktu terbatas ketika berkunjung ke Semarang? Ini tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, tentu saja murah meriah dan tak menguras waktu. Ini ceritaku ketika ada kegiatan workshop di Semarang, tentu saja waktu untuk jalan-jalan tidak banyak, jadi tetap harus jalan-jalan dong.


Ketika selesai workshop tentu saja menghabiskan sedikit waktu yang tersisa untuk sedikit menjelajah, sayang dong kalau cuma dihabiskan untuk menunggu kereta datang, nah ceritanya aku punya waktu satu hari sebelum naik kereta menuju Malang. Waktu itu kugunakan sebaik-baiknya sembari berpikir ‘Kapan lagi bisa ke Semarang?’.

Aku diajak jalan-jalan bersama teman sesama Pers Kampus yang ikut workshop. Setelah mereka pulang ke asal masing-masing, aku mengajak Atok (Kru LPM Idea UIN Walisongo) mengunjungi beberapa tempat wisata di Semarang yang belum sempat aku sambangi. Berikut tempat-tempat yang aku kunjungi di Semarang.

Lawang Sewu



Ini adalah wisata sejarah di Kota Semarang. Lawang artinya pintu dan sewu artinya seribu, jadi Lawang Sewu adalah Pintu Seribu, tak hanya namanya saja seribu, tapi jumlah pintunya memang sangat banyak, mencapai 429 pintu dengan daun pintu lebih dari 1200. Gedung megah yang dibangun di era penjajahan Belanda ini wajib kamu kunjungi jika ke Semarang. Lawang Sewu berisi tentang sejarah kereta api di Indonesia, jadi kamu bisa melihat kereta api dari zaman dulu hingga sekarang, yang ada dari Sabang sampai Merauke di tanah Nusantara. Untuk masuk ke sini kamu perlu merogoh kocek sebanyak 15 ribu rupiah untuk satu orang, belum termasuk parkir ya. 

Masjid Agung Semarang


Masjid ini juga harus kamu kunjungi, selain untuk wisata religi, kamu juga bisa belanja oleh-oleh khas Semarang dari makanan hingga pernak-pernik dengan harga bervariasi. Masjid ini berarsitektur campuran Jawa, Romawi dan Islam. Jangan lupa memakai kaos kaki karena lantai di pelatarannya sangat panas dan bisa membakar kakimu karena alas kaki harus dilepas. Aku tak sempat melihat payungnya dibentangkan dan tidak memakai kaus kaki, dan aku auto loncat-loncat melewati pelataran masjid. Di sini pengunjung hanya perlu membayar untuk parkir saja lo.

Kelenteng Sam Poo Kong



Kelenteng ini adalah bekas tempat persinggahan Laksamana Cheng Ho, biasa disebut juga Gedung Batu. Seperti kelenteng pada umumnya, Sam Poo Kong juga bernuansa merah. Selain sebagai tempat wisata Sam Poo Kong  juga dijadikan tempat pemujaan bagi penganut agama Kong Hu Cu. Untuk masuk ke area ini pengunjung perlu merogoh kocok sebanyak 10 ribu rupiah. Tapi kamu tidak bisa masuk ke semua tempat, karena hanya yang bermaksud sembahyang (pemujaan) yang diizinkan masuk, sedangkan wisatawan hanya bisa melihat di balik pagar.

Meskipun Sam Poo Kong adalah tempat ibadah agama Kong Hu Cu, di sini juga disediakan masjid untuk sholat bagi umat muslim. Aku berkunjung di sini bersama teman-teman workshop.

Simpang Lima


Jika ingin berkunjung ke Lapangan Pancasila atau Simpang Lima, alangkah baiknya saat malam tiba. Ada banyak lampu-lampu berwarna-warni yang menghiasai lokasi ini. Kamu juga bisa bermain sepeda dan becak yang dihiasi dengan lampu-lampu serta berfoto di deretan lampu besar bertuliskan "SIMPANG LIMA". 
Menurutku, Simpang Lima lebih terlihat seperti alun-alun di tengah Kota Semarang, simpang ini mempertemukan Jalan Pahlawan, Pandanaran, Ahmad Yani, Gajah Mada dan KH A Dahlan. Di sepanjang kawasan Simpang Lima juga berjejer puluhan warung makan dan pastinya akan memuaskan kamu yang suka wisata kuliner.

Nah itu dia wisata Semarang yang harus kamu kunjungi, padahal aku punya banyak list yang ingin ku kunjungi di sana. Hanya saja waktu tidak mengizinkan serta kondisi badan yang tak kuat jika terus berjalan tanpa istirahat.



No comments:

Post a Comment

Adbox