Thursday, February 21, 2019

Kisah Cinta Arjuna dan Srikandi dalam Epos Mahabhrata Versi Tanah Jawa

Arjuna dan Srikandi, lukisan ini dibuat dengan cara membatik

Siapa tak kenal dengan tokoh wayang yang dikisahkan sebagai pemuda gagah nan tampan bersenjatakan bu
sur panahan. Ya, dia adalah Arjuna, salah satu pandawa putra Pandu. Meskipun sebenarya Arjuna adalah putra dari Dewa Indra.

Dulu aku tahu Srikandi adalah sosok perempuan hebat yang memiliki kemampuan seperti laki-laki, berperang dan menjadi pahlawan. Tak heran jika ada perempuan hebat dari suatu tempat, selalu diberi julukan Srikandinya bla bla bla, atau Srikandinya Indonesia dan lain-lain.

Arjuna dan Srikandi, selalu erat kaitannya dengan epos Mahabrata di India atau barathayudha di Indonesia. Tapi dari kedua negara tersebut memiliki kisah yang berbeda. Aku akan menceritakan Srikandi dan Arjuna dari kisah wayang Jawa.

Srikandi adalah putri dari Raja Drupada. Alkisah para dewa memerintahkan agar Raja Drupada membesarkan Srikandi layaknya seorang laki-laki. Srikandi pun belajar teknik berperang bahkan berpakaian seperti laki-laki. Bahkan Srikandi terkenal sebagai pemanah terhebat di Kerajaan Panchala.

Suatu ketika ia bertemu dengan Arjuna di suatu tempat. Arjuna yang tampan nan rupawan berhasil memikat Srikandi. Sebagai wanita, Srikandi juga sempat bersikap jual mahal dengan Arjuna. Tahu cintanya tak bertepuk sebelah tangan, Srikandi menantang Arjuna.

Srikandi bersedia menerima pinangan Arjuna, jika ada perempuan yang berhasil mengalahkannya dalam hal memanah. Arjuna meminta Larasati untuk menjadi lawan Srikandi. Srikandi kalah (aku pikir Srikandi sengaja membuat dirinya kalah agar bisa jatuh dalam pelukan Arjuna secara elegan wkwkwk), tapi ia belum bisa menerima kekalahannya.

Srikandi menantang Larasati untuk berduel dengannya dalam hal berkelahi. Jika Srikandi kalah, Larasati boleh menjadi istri Arjuna. (Menurutku Srikandi bersikap aneh, kenapa ia mau dimadu? Jika ia kalah maka ia tak mendapatkan cinta Arjuna, jika Larasati menang, maka Srikandi harus berbagi cinta dengan Larasati. Belum lagi dengan istri-istri Arjuna yang lain).

Akhirnya Srikandi kalah dan menikah dengan Arjuna juga berbagi cinta dengan Larasati. Ketika perang saudara antara Pandawa dan Kurawa, Srikandi turut serta dalam perang bahkan menjadi panglima. Ia menjalankan takdirnya.

Di kehidupan sebelumnya, Srikandi adalah Dewi Amba, kekasih Bisma. Sebelum ia mati di tangan Bisma, ia bersumpah akan menjemput Bisma suatu hari nanti untuk bersanding di nirwana. Benar saja, melalui perintah Krisna, Srikandi membunuh Bisma dengab busurnya.

Arjuna berperang karena kesakitan atas penganiayaan, tapi Srikandi berperang karena cinta.

Dalam kisah wayang, Arjuna dikenal memiliki 41 istri. Karena keelokan rupanya, Arjuna berhasil memikat wanita hingga dengan sukarela menyerahkan diri untuk Arjuna.

"Jangan sekali-kali memasang lukisan Arjuna di rumah, nanti istri marah," kata seorang abdidalem Keraton Ngayogyakarta.

Abdidalem atau pegawai keraton tersebut menjelaskan lukisan yang dibuat di atas kain dengan cara membatik. Lukisan Arjuna dan Srikandi dibuat dalam bentuk wayang Jawa, dilapisi dengan tinta emas. Ketika diletakkan di bawah sinar matahari lukisan itu berkilauan dengan warna emasnya.

Setelah menelisik kisah Arjuna, paham lah aku mengapa abdidalem melarang memasang lukisan Arjuna. Arjuna Sang Playboy. Padahal ia tak menggoda wanita untuk jatuh cinta padanya, hanya saja ia tak menolak wanita yang datang padanya. Aish Arjuna, kau benar-benar Playboy.

Dalam ruang itu, abdidalem juga menunjukkan lukisan-lukisan yang dibuat dengan cara membatik, seperti lukisan Yesus, kereta kencana, pemandangan, hingga lukisan Nyai Roro Kidul juga ada. Ia menjelaskan dengan bersemangat dan mengantarkan kami berkeliling ruangan untuk memperlihatkan lukisan-lukisan lainnya.




2 comments:

  1. Mungkin kisah Arjuna playboy di Mahabharata perlu ada supaya ada fantasi kisah percintaan di dalamnya. Orang bosan kali ya, kalau isinya serius terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha benar. Tapi mahabrata versi india beda sma versi jawa. Klo india dikisahkan srikandi itu transjender... Makanya jarang mreka kisahkan arjuna sma srikandi

      Delete

Adbox