Cari

cari

Sunday, December 8, 2019

Wisata Bunga Matahari di Taman Bunga Impian Okura



Bunga Matahari Taman Bunga Impian Okura
Di tulisan kali ini aku ingin mengenalkan salah satu objek wisata yang ada di Pekanbaru, Riau. Alam memang bukan andalan wisata di Pekanbaru, tetapi dengan kreativitas dan inovasi masyarakat bukan mustahil bisa mewujudkan tempat wisata yang bisa dikunjungi ratusan orang setiap harinya.

Taman Bunga Impian Okura berada di Desa Okura, Kelurahan Tebing Tinggi, Kecamatan Rumbai Pesisir, Pekanbaru. Jangan karena namanya yang  jejepangan, jadi dikira di Jepang ya. Kalau dari pusat kota sendiri, Taman Bunga Impian Okura bisa ditempuh sekitar 30 menit, nah hitung sendiri kalau dari tempatmu berapa.

Lewat mana? Udah ikutin Map aja, soalnya nggak bakalan tersesat juga kok. Map-nya pas dan sesuai dengan lokasi Taman Bunga Impian Okura.

Baca Juga: Wisata Pulau Mandeh

Bunga matahari di Taman Bunga Impian Okura menjadi andalan, ada beberapa petak yang khusus untuk bunga matahari. Jadi ketika datang masa mekarnya wuiiih, cantik banget. Bunga matahari bisa tumbuh lebih dari tinggi kita.

Waktu itu aku berkesempatan bertemu dengan pengelola Taman Bunga Impian Okura Bang Musnidianto yang lebih akrab disapa Bang Muslim. Ia juga menjadi salah satu orang yang menyulap lahan kosong di Desa Okura menjadi lahan yang indah penuh bunga.

Selain bunga matahari juga ada bunga kenop, bunga tahi ayam dan berbagai spot foto kekinian ala milenial. Sarang burung, gazebo-gazebo, ayunan, rumah ranting dan botol plastik yang dicat dan digantung  di tempat tertentu.

Sarang burung Taman Bunga Impian Okura
Apalagi, Taman Bunga Impian Okura berada di tepi Sungai Siak, kalau datang ke sini bisa sambil menikmati angin sungai yang berhembus perlahan.

Tepi sungai Taman Bunga Impian Okura
Tapi jika ingin menikmati bunga matahari, kusarankan untuk mengecek dulu Instagram Taman Bungan Impian Okura, soalnya bunga matahari tidak selalu mekar. Ada kalanya ketika masa tanam, masa tumbuh hingga masa mekar. Meskipun Bang Muslim sendiri sudah membagi menjadi beberapa tempat agar ketika salah satu petak sedang masa tanam, petak lainnya sedang mekar, tapi pasti selalu ada jeda untuk hal tersebut. Mohon dimaklumi.

Tiket masuknya berapa nih? Tiket masuknya nggak mahal-mahal amat kok, cuma Rp5 ribu per orang. kalau anak-anak free alias gratis.

Selain itu di Taman Bunga Impian Okura juga banyak pedagang-pedagang yang berjualan makanan ringan hingga makanan berat, masalah harga nggak terlalu beda jauh dari harga biasanya. Ada juga topi-topi cantik yang bisa disewa untuk berfoto ria.

Aku sendiri sangat suka dengan ayunan, ada enam kalau tak salah, jadi meskipun sudah gede bukan berarti kesukaan ini hilang begitu saja. Terus kalau berjalan-jalan di sekeliling taman, selain bunga matahari ada bunga tahi ayam. Kalau berjalan-jalan di situ rasanya pengen lari-lari, dividiokan terus dikasih backsound lagu India.

Bunga Tahi Ayam a.k.a Tai Lencong

Asal Mula Taman Bunga Impian Okura

Bang Muslim bercerita, dulu ia melihat lahan kosong di desa ini dua tahun lalu, kemudian muncul ide untuk memanfaatkan lahan tersebut menjadi tempat wisata. Ia dan beberapa temannya mulai menggarap lahan tersebut dan menanaminya dengan bunga.

Sempat mendapat ejekan dari masyarakat sekitar karena dinilai sia-sia. Tapi Bang Muslim meskipun dicemoh dan tak mendapatkan apa-apa, ia tetap berusaha dan yakin jika usahanya akan membuahkan hasil di suatu hari.

Dan benar saja, perlahan-lahan tapi pasti Taman Bunga Impian Okura semakin dilirik oleh wisatawan lokal yang haus akan tempat-tempat wisata untuk melepaskan penat dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Satu yang disesalkan oleh Bang Muslim, ia menuturkan pernah suatu  ketika mencari Desa Okura di laman pencarian Google akan muncul pemandangan-pemandangan indah. Tetapi yang membuat Bang Muslim sebal adalah foto-foto tersebut bukanlah dari Desa Okura, ia juga tidak tahu oknum-oknum yang  melakukan hal tersebut. Sehingga ketika para traveller datang ke Desa Okura, hanya kekecewaan yang didapatkan. Karena ekspektasi tak seindah realita.

Dari kejadian tersebut, Bang Muslim semakin membenahi Taman Bunga Impian Okura agar bisa memenuhi ekspektasi pengunjung. Perlahan-lahan tapi konsisten. Itu yang dilakukan Bang Muslim dan rekan-rekannya di Desa Okura.

Bang Muslim hanya berharap Taman Bunga Impian bisa terus berkembang dan memberikan dampak positif terutama di bidang ekonomi bagi masyarakat sekitar. Di tahun 2019 ini saja, dari 83 kelurahan di Pekanbaru, Taman Bunga Impian Okura mewakili Pekanbaru dalam ajang Desa Wisata ditaja ole Dinas Pariwisata Provinsi Riau.

Saat ini banyak kegiatan-kegiatan baik yang dilakukan oleh komunitas masyarakat, mahasisiwa hingga pemerintahan yang  dipusatkan di Desa Okura.


13 comments:

  1. Belum pernah kesana, padahal domisili di Pekanbaru, Itu kira-kira kapan waktu bunga nya bermekaran ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau aku biasanya liat ig-nya dulu kalau mau ke sana. udah mekar apa belum

      Delete
  2. Sebagai penghuni barunkota Pekanbaru kami emang nayri tempat wisata. Akhirnya bisa ketemu juga artikel ini. Mksh mb, next kami bakal coba ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap.. nanti coba ke sana ajak anak-anak. Soalnya kami suka tempat wisata outdoor begini.

      Delete
  3. Awalnya kupikir ini di Jepang namanya Okura, ternyata di Pekanbaru.
    Keren banget, seger di pandang mata warna kuning Bunga Matahari memberikan energy kalau lagi capek.

    ReplyDelete
  4. sampai sekarang belum sampai kesini, kamu selalu update ya, next time ajakin kakak ya (jarang keluar rumah).

    ReplyDelete
  5. Udah lama nih ngincer mau ke sini karena bunga mataharinya. Pernah dengar kalau taman ini pernah kebajiran, gimana sekarang ya? Aku juga salut sama masyarakat yang bisa membaca pasar dan memanfaatkannya jadi peluang.

    ReplyDelete
  6. Ei, ini bisa dikunjungi sepanjang tahun ga sih fi? Kakak belum nyampai nih kesini, makin seru aja kota kita ♥️♥️♥️

    ReplyDelete
  7. Denger taman bunga matahari lalu tetiba keinget hamtaro haha! #selftoyor maaf suka salfok anaknya haha!

    Thank you infornya Anna! Baru tau soal taman bunga begini di Pekanbaru. Hadeuh.. kemana aja akika 🙈
    Semangat bang Muslim!

    ReplyDelete
  8. beberapa bulan yang lalu pernah mencoba kesini, tp nyasar akhirnya wes balik arah pulang. anak udah keburu cranky, tp kayaknya next time mau cobain lagi kesana deh hehe

    ReplyDelete
  9. Tempat nya bagus ya... lumayan jadi hemat buget di akhir bulan

    ReplyDelete

Adbox