Wednesday, July 8, 2020

Budidaya Anggur di Kota Pekanbaru

Budidaya anggur Pung Grape Pekanbaru

Siapa sih yang nggak suka sama anggur, buah elit ini bisa jadi menjadi makanan favorit meskipun harganya lumayan mahal menurut kantong aku tentunya. Pernah mikir nggak sih buat menanam sendiri, budidaya anggur di pekarangan rumah? Terus kalau pengen tinggal metik. Mikir aja pernah, ngebayangin apalagi, tapi tetap aja realisasinya belum.

Beberapa waktu lalu, aku menyempatkan diri untuk berkunjung ke salah satu tempat budidaya anggur di Kota Pekanbaru milik Pak Yusuf. Nama tempatnya Pung Grape di Jalan Tuah Karya Ujung, Kelurahan Tuah Madani, Kecamatan Tampan, Pekanbaru.


Nggak ada yang nggak setuju kalau Kota Pekanbaru ini adalah kota yang panas, tiap hari baik AC atau pun kipas angin selalu bekerja rodi tiada henti. Tapi sebenanrnya, cuaca yang panas ini cukup bagus lo buat budidaya anggur. Terlebih, tanaman ini juga bisa ditanam di lahan terbatas, atau di pekarangan rumah, juga bisa disesuaikan sama keinginan kita sang pemilik. Itu bukan kataku ya, yang jelas itu dibilang sama Pak Yusuf.


Pak Yusuf sendiri sudah menanam anggur manis berkualitas impor sejak satu tahun lalu. Ia memulai menanam karena hobinya pada buah anggur. Menurut Pak Yusuf menganggap anggur termasuk salah satu buah relatif mahal untuk di jangkau. Hingga akhirnya, ia menyulap halaman rumahnya menjadi tempat budidaya anggur bernama Pung Grape.

Pak Yusuf tak sendirian menanam anggur, ia bersama anaknya Agusta membudidayakan anggur-anggur ini. Meskipun masih untuk konsumsi pribadi. Kalau kata Agusta, nama Pung Grape ini diambil dari julukan ayahnya yang kerap dipanggul Opung.

Saat berkunjung ke rumah Pak Yusuf, di sisi kiri rumahnya, ia menyediakan tempat berukuran 3 x 9 meter dan menggunakan media para-para untuk angur-anggurnya. Beberapa jenis anggur unggul import di antaranya menggantung dan menunggu waktu untuk masak beberapa minggu lagi.

Tak jauh dari tempat tersebut, Pak Yusuf juga menanam anggur di 10 pot berdiameter kira-kira 50 cm, dilengkapi dengan penyangga terbuat dari pipa juga ditanami buah anggur. Pipa-pipa tersebut menjadi media rambat bagi tanaman anggur agar dapat tumbuh merambat ke atas.

yang di pot. Budidaya anggur Pung Grape Pekanbaru

 Selain itu, Pak juga menanam anggur di lahan seluas 1.000 m di belakang rumahnya yang nanti akan dibuat Agrowista mini yg bertujuan untuk sarana edukasi buat masyarakat pekanbaru sekaligus bisa memetik buah anggur unggul import yang segar.
 
Di tempat budidaya anggur  ini, Pak Yusuf memanfaatkan atap UV di atas para-para miliknya untuk menghindari curah hujan yang tinggi. Karena jika terlalu banyak curah hujan yang didapat akan berakibat pada munculnya serangan jamur yang tidak bagus untuk tanaman anggur.

Untuk dapat memulai menanam anggur, hal pertama yang harus dilakukan menurut adalah dengan memilih tempat menanam, bisa menggunakan pot, para-para, atau teralis. Hal tersebut disesuaikan dengan bentuk yang diinginkan dan kondisi lahan. Para-para dibuat seperti naungan setinggi sekitar 2 meter, kalau sistem teralis berbentuk pagar dan nanti anggurnya akan merambat ke atas. Jika ingin menanam anggur dapat memilih berbagai pilihan yang dirasa cocok dengan hati.

Tempat yang baik untuk menanam adalah tempat yang mendapatkan sinar matahari yang cukup, minimal tanaman anggur mendapatkan cahaya matahari pagi  hingga pukul 12.00 WIB.

Masih kecil. Budidaya anggur Pung Grape Pekanbaru

Setelah memiliki tempat untuk menanam, selanjutnya adalah mempersiapkan bibit. Bibit yang sudah ada dimasukkan ke dalam media tanah hitam atau sekam bakar yang telah diberikan pupuk organik seperti kotorang  kambing yang sudah difermentasi. Kalau sudah itu semua, tinggal menjaga pertumbuhannya, seperti pemberian pupuk dan lain-lain.


Untuk mendapatkan buah dengan rasa yang manis dan berukuran besar, Pak Yusuf menggabungkan dua varietas yaitu varietas lokal dengan varietas impor, dengan teknik sambung. Menurutnya, dengan menggunakan varietas lokal akan membuat tanaman anggur lebih tangguh, sedangkan dengan menyambung varietas lokal dengan impor, akan membuat buah yang dihasilkan memiliki rasa yang manis. Varietas lokal itu biasanya lebih masam, sehingga perlu disambung dengan varietas impor untuk mendapatkan rasa yang manis.

Dalam budidaya anggur, pemangkasan menjadi kunci utama untuk mendapatkan hasil yang optimal. Pak Yusuf menjelaskan terdapat dua jenis pemangkasan yaitu pemangkasan pemeliharaan, dan pemangkasan pembuahan. Pemangkasan pemeliharaan dilakukan saat tanaman anggur sejak berusia dua bulan, hal ini dilakukan untuk membuang tunas-tunas liar yang tidak diinginkan. Sedangkan pemangkasan pembuahan dilakukan saat tanaman anggur berusia enam bulan ke atas. Pemangkasan pemeliharaan terus diakukan saat ada tunas-tunas yang tak diinginkan muncul. Kemudian pangkas pembuahan dilakukan setelah tanaman anggur berusia enam bulan.  Pemangkasan pembuahan  dilakukan setelah satu bulan  dan diberi nutrisi pembuahan sebelum dipangkas lagi.

Untuk pemupukan, tanaman anggur yang sudah berusia satu  hingga tiga bulan diberikan pupuk pertumbuhan  NPK 1616 setiap satu minggu sekali sebanyak setengah sendok makan, setelah berusia empat bulan ke atas dosis ditambah menjadi 1 sendok makan. Setiap tiga bulan, Pak Yusuf menambah pupuk kandang, akan bagus jika pupuk berasal dari kotoran kambing atau kompos, dan ditabur di atas tanahnya.

Agar tanaman anggur tumbuh dengan baik, juga harus dilakukan penyiraman yang cukup. Jika menanam dengan memanfaatkan atap UV penyiraman dilakukan satu  kali dalam dua hari. Sedangkan saat musim panas, penyiraman dilakukan setiap hari.

Jika tidak menggunakan atap UV, untuk menghindari jamur saat musim hujan, Pak Yusuf mengatakan satu kali dalam seminggu harus diberikan fungisida. Selain jamur, permasalahan dalam budidaya anggur adalah hama seperti kumbang, ngengat, dan serangga lainnya.

Jika jamur diatasi dengan fungisida, maka serangga diberi insektisida. Perawatan tanaman anggur sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tanaman lain. Merawat bisa dikatakan cukup mudah bagi yang memang memiliki minat di bidang ini.

Selain itu, Pak Yusuf juga akan mengembangkan Agrowisata Kampung Anggur,  sehingga diharapkan nantinya tanaman ini bisa menjadi salah satu daya tarik di Pekanbaru. Agrowisata ini rencananya akan menggabungkan antara edukasi, estetika, dan produksi,  program Kampung Anggur akan dilakukan bersama Komunitas Masyarakat Inovatif Pekanbaru (KMIP) bekerja sama dengan Pemko Pekanbaru.

Dalam mewujudkan pengembangan Tanaman buah buahan ini Pak Yusuf juga menyediakan berbagai macam jenis bibit anggur unggul impor, durian, dan lengkeng. 

Bagi kawan-kawan yang berminat berkunjung atau ingin mencoba membudidayakan anggur, bisa datang dan  berkunjung ke lokasi kebun amggur mini Pung Grape di alamat jl Tuah karya Ujung kel Tuah Madani kec tampan Pekanbaru Atau bisa menghubungi no wa Agusta 0813-7255-8556 atau Yusuf 0823-8898-9933.

Wednesday, June 24, 2020

Review Body Lotion The Glowing Body’s Cosmetic

The Glowing Body's Cosmetic: Body lotion

Seperti biasa, skincare yang aku pakai ini adalah produk yang sudah aku pakai. Untuk produk dari The Glowing Body’s Cosmetic: Body Lotion (mousturise & Brightening). Aku udah cukup lama pakai ini, saran dari salah satu temanku yang udah pakai duluan. Bagi aku, pengalaman adalah guru terbaik, pun pengalaman orang lain juga bisa kita jadikan guru. Btw, aku lebih percaya rekomendasi dari teman, dari pada dari iklan.

Teman aku ini, kulitnya mulus, putih, bersih, tanpa noda. Pikirku, dia emang terlahir seperti itu. Tapi usut punya usut dia pakai Body Lotion The Glowing Body’s Cosmetic. Sebelumnya aku akan ceritakan sedikit, kondisi kulitku sebelum pakai.

Kulitku belang, karena berhijab dan tertutup warna kulit jadi tidak merata, bahkan hanya segelintir orang yang tahu kalau sebenarnya aku ini tidak hitam-hitam amat, hanya bagian yang terlihat yang kelam meski tak sepekat malam. Sebelumnya, aku sama sekali tidak memakai body lotion apa pun, sampai akhirnya aku berniat untuk lebih menyayangi diriku sendiri.

Baca Juga: Review BFS Glowing Body

Ini adalah perbandingan tanganku dan tangan temanku sebelum memakai Body Lotion The Glowing Body’s Cosmetic. Temanku ada sedikit keturunan Tionghoa fyi.


Body Lotion  The Glowing Body’s Cosmetic

Body lotion ini membantu melembabkan kulit, mencerahkan kulit serta membantu menghaluskan kulit. Kalau di kotaknya, tertulis Brightening, Mousturizing, dan Nourishing. Produk ini juka sudah terdaftar di BPOM dengan nomor NA 18180106392.

Komposisi terdiri dari Aqua, Carbomer, Disodium EDTA, Allantoin, BHT, Cetyl Alcohol, Stearic Acid, PEG-100 Stearate, Glyceryl Stearate, Isopropyl Myristate, Titanium Dioxide, Triehanolamine, Dimethicone, Butylena Clycol, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Zinc Oxida, Fructooligosaccharides, Beta Phenoxyethanol, CI 19140, CI 73360, Fragrance (parfum), dan Finished Fragrances.

Untuk harga sendiri, aku beli di Shopee seharga Rp150 ribu untuk ukuran 100 ml. Bentuk kotaknya bisa dilihat pada gambar berikut.

Review Pemakaian Body Lotion The Glowing Body’s Cosmetic

Berdasarkan petunjuk pemakaian, dioleskan secukupnya pada seluruh permukaan keulit, kecuali wajah. Digunakan setelah mandi pagi, mandi sore dan sebelum tidur malam.

Karena aktivitasku lumayan padat, aku terkadang mandi pagi dan mandi pada malam hari, ya meskipun tidak sampai tengah malam. Jadi di awal-awal pemakaian aku pakai hanya dua kali sehari, yaitu setelah mandi pagi dan sebelum tidur.

Untuk yang mengharapkan hasil instan, produk ini kurang cocok. Di kulitku baru terlihat mulai cerah setelah pemakaian lebih dari satu minggu. Untuk bau sendiri, tidak terlalu baru, dan tidak lengket. Tapi saat terkena air, maka kulit terasa sedikit licin.

Penampakan krim body lotion


Lama-kelamaan, terutama saat masuk masa pandemi corona, aku pakainya tidak lagi dua kali sehari, tapi sekali sehari setiap hendak tidur malam. Kenapa, karena adanya wabah ini mengharuskan kita sering cuci tangan, ya rugi dong, pakai abis itu dicuci.

Baca Juga: Review Garnier Sakura White

Aku menyarankan, meskipun sudah pakai body lotion ini, tetap lindungi kulit dari sengatan matahari. Meskipun sudah lebih cerah, tapi tetap terlihat perbedaan antara kulit yang terkena matahari sama yang terlindungi. Aku setiap hari keluar dengan sepeda motor, pakai pelindung tangan sekadarnya, hanya jaket yang menutupi punggung tangan, tapi tidak jari-jarinya. Alhasil, belangnya berpindah ke jari.

Untuk hasil, aku puas dengan produk ini. Karena sampai saat ini, aku sudah repeat order hingga tiga kali. Ini hasil setelah pemakaian, aku lupa ini pemakaian ke berapa. Ini kubandingkan dengan tangan teman yang sama di foto sebelumnya.

Ayo sayangi diri sendiri, masak wajah doang yang putih, tapi tangannya hitam. Wkwkwk.

 

Wisata Pekanbaru: Pemandian Air Panas Asia Farm

Pemandian air panas Pekanbaru (kolam paling atas)


Emang di Pekanbaru ada pemandian air panas? Ada dong, jadi tidak perlu jauh-jauh lagi pergi ke daerah lain untuk bisa merasakan mandi di kolam air panas. Dimana lagi kalau bukan di Asia Farm Pekanbaru.

Pemandian ini memang bisa dikatakan baru, lokasinya tentu saja silahkan klik di Maps, Wisata asia Farm, yang terletak di Jalan Badak, Pekanbaru. Pemandian ini baru dibuka pada Januari lalu. Air panas sendiri didapatkan melalui pengeboran yang cukup dalam.

Saat itu aku ditemani salah satu pengelolah Asia Farm, air panas ini didapatkan dari pengeboran yang luamayan dalam. Kapan nih, Kamu terakhir kali ke Asia Farm, kalau pas waktu opening, sebaiknya ke sini lagi, karena sudah banyak upgrade wahan-wahana baru lainnya yang menarik.

Kembali lagi ke pemandian air panas, ada tiga kolam yang dibuat bertingkat. Kolam yang paling atas, di sinilah tempat di kucurkannya air panas. Tidak bisa dikatakan panas, sih, tapi hangat. Tentu saja kalau duduk di bawah kucuran air, ya pasti cukup kepanasan. Ada beberapa pipa-pipa yang mengalirkan air panas di kolam yang paling atas tersebut.

Selanjutnya satu tingkat di bawah kolam paling atas, tentu saja di sini sudah tidak sepanas di kolam yang lebih tinggi. Kemudian di tingkat paling bawah, di sini favorit anak-anak berenang dengan gembira. Jika Kamu cukup anti dengan air kaporit, tenang saja. Di wahana bertema Water Village ini airnya dibiarkan mengalir.

Kolam tingkat dua


Di sekeliling kolam-kolam tersebut, lantainya didesain dengan batu-batu seukuran mangga. Sawit-sawit rindang juga menghalangi sinar matahari secara langsung. Ada juga air terjun buatan antara kolam paling bawah dengan kolam yang berada di tengah.

Air terjun buatan


Baca Juga: Asia Farm Hayday Pekanbaru

Untuk kedalamannya sendiri, cukup ramah untuk anak-anak, sekitar 120 cm. Jadi kalau tidak mahir berenang juga aman, buat anak-anak, pengawasan orang tua tetap harus diutamakan ya

Kolam paling bawah


Biaya masuk kolam renang adalah Rp20 ribu per orang, karena kolam renang ini ada di dalam kawasan Asia Farm, otomatis harus bayar biaya masuk ke Asia Farm. Bisa bayar satu-satu, atau sekalian. Kalau saranku, jika niatnya ingin mandi berenang bayar saja sekalian, yaitu Rp40 ribu. Kalau bayar satu-satu akan lebih mahal, biaya masuk Asia Farm Rp25 ribu, biaya masuk kolam renang Rp20 ribu, jadinya Rp45 ribu. Kalau bayar sekalian, itung-itung hemat Rp5 ribu. Lumayan buat beli jajan.

Untuk memaksimalkan anggaran, lebih baik keliling dulu semua wahana di Asia Farm, foto-foto, naik sepeda, naik kuda, beri makan burung, kelinci, kambing, dan lain-lain, baru kemudian bermain di pemandian air panas. Silahkan dicoba sepuasnya.

Di Asia Farm, tidak boleh bawa makanan dan minuman dari luar ya, tapi tenang saja. Disediakan tempat untuk berbelanja, dengan harga tak jauh berbeda dengan harga di luar Asia Farm. Selamat bersenang-senang.

Persiapan Penting Sebelum Nonton Konser

Konser Virgoun saat Festival Lampion Pekanbaru


Sebelum aku bahas tentang persiapan penting sebelum nonton konser, Sebenarnya apa sih yang kita cari saat nonton konser? Mungkin banyak yang mikir, jika lebih baik nonton di rumah atau melalui Youtube dan bisa melihat idola kita lebih jelas. Eits, jangan salah. Nonton konser punya feel berbeda lo. 

Tujuannya, tentu pasti pengen senang-senang, bisa bernyanyi bersama dengan artisnya, syukur-syukur bisa jabat tangan atau foto bareng. Itu kan nggak bisa dilakukan secara daring. Hahaha.Tulisan persiapan pentung sebelum nonton konser ini murni pengalaman pribadi aku selama nonton konser artis nasional. Jangan tanya artis internasional apalagi artis K-Pop, soalnya aku belum pernah nonton yang begituan. Tapi setidaknya, ini bisa menjadi referensi bagi Kamu yang akan menonton konser idola Kamu.

Foto bareng Virgoun


Dan yang terpenting adalah....

Hafal Lagu

Aku letakkan, poin ini di urutan teratas. Karena inti dari senang-senang saat nonton konser adalah nyanyi bareng sama penonton lain dan sama artisnya. Kalau Kamu nggak hafal, otomatis akan plonga-plongo, ending-nya ya nggak betah alias pengen pulang. Ya minimal Kamu tahu lagu artisnya yang nge-hit, atau ref-nya sedikit-sedikit.

Aku pernah nonton konser Fiersa Besari, Slank, Budi Doremi, Virgoun, dan Didi Kempot. Karena sebagian besar adalah tugas liputan tentu tidak semua penyanyi aku tahu lagu-lagunya. Konser Fiersa Besari, dulu aku nggak tahu lagu dia sama sekali, alhasil ya aku plonga-plongo. Semua orang semangat nyanyi bareng, hanya aku sendiri yang terdiam, merana, merenung, dan mencoba menerima. Meskipun dalam hati rasanya pengen pulang.

Konser Slank apalagi, aku bukan Slankers, nggak paham lagu-lagunya, itu datang cuma nemenin teman. Akhirnya setengah jam langsung pulang. Dari situ akhirnya aku belajar, setidaknya harus tahu sedikit lagu-lagu dari artis yang akan konser. Alhamdulillah, konser Budi Doremi dan Virgoun lumayan banyak lagu yang hafal, jadi bisa have fun, dan betah mantengin panggung.

Lalu, konsernya Didi Kempot. Itu konser terakhir dia hadir di hadapan Sobat Ambyar sebelum beliau meninggal. Aku hanya tahu lagu Didi Kempot itu yang zaman dahulu, seperti Cucak Rowo, Stasiun Balapan, dan lain-lain. Tapi karena dia udah banyak ciptakan lagu baru, dan belajar dari pengalaman nonton konser sebelumnya, akhirnya aku putuskan buat menghafalkan lagu-lagu Didi Kempot, setidaknya yang paling terkenal, dan pasti dinyanyikan saat konser. Persiapan buat menghafalkan lagu Didi Kempot pun berhari-hari, setiap hari putar semua lagu Didi Kempot yang terkenal. Alhasil, aku bisa menikmati konser dengan sempurna, tidak ada lagi kisah sedih seperti saat nonton konser Fiersa Besari dan Slank.

Selanjutnya persiapan khusus

Sehat

Ya ini jelas lah, jangan sampai Kamu ambruk saat semuanya lagi asik joget. Bisa geger nanti satu gedung.

Bawa Tas Aman

Usahakan jangan bawa tas punggung. Meskipun nyaman dipakai, tapi tas punggung tidak aman. Karena Kamu tidak bisa selalu mengawasi punggungmu. Ingat, kejahatan ada karena kesempatan. Kalau pun nanti tetap bawa tas punggung, letak tasnya di depan, jadinya tas perut.

Sangat disarankan memakai tas samping, waist bag, dan sejenisnya. Atau tas-tas yang bisa diawasi setiap saat.

Yah, itu kira-kira, beberapa hal penting yang harus dipersiapkan sebelum nonton konser. Kalau kurang lengkap, silahkan cek laman sebelah. Jangan lupa nikmati sebisa mungkin setiap konser yang didatangi. Jika tidak nyaman, pulang saja.

Suatu saat nanti, aku juga pengen bisa nonton konser-konser tidak di Pekanbaru saja. Semoga nanti aku bisa nonton grup band favoritku, Day6.

Saturday, June 20, 2020

Menjadi Petani Sayur di Perkotaan dengan Teknik Hidroponik

Green House Pekanbaru Green Farm

Banyak orang yang tinggal di perkotaan memiliki hobi menanam, tapi hobi tersebut tidak bisa disalurkan lantaran sempitnya lahan, ataupun terlalu disibukkan dengan rutinitas pekerjaan setiap hari. Padahal ada teknik hidroponik yang bisa mewujudkan hobi menanam meskipun tinggal di kota. Jadi siapa bilang, jadi petani harus di desa dan punya tanah luas.

Oleh karena itu, tinggal di area perkotaan bukan lagi menjadi alasan untuk tidak bercocok tanam. Bahkan di lahan sempit pun, saat ini bisa memungkinkan untuk dapat menanam berbagai jenis tumbuh-tumbuhan, terutama sayur-sayuran. Hasil panen pun bahkan memiliki kualitas yang sangat baik. Terlebih lagi, masyarakat selama beberapa tahun terakhir ini kian meminati tren urban farming, yaitu sebueh konsep yang memindahkan pertanian konvensional menjadi pertanian perkotaaan.

Tenik menanam tersebut dinamakan hidroponik. Hidroponik adalah teknik budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah, dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

Di Pekanbaru sendiri, meskipun tidak terlalu banyak, hidroponik juga sudah diterapkan sebagai langkah untuk tetap menanam meskipun di area perkotaan, dan dengan lahan yang tidak terlalu luas. Beberapa waktu lalu, aku menyempatkan diri bertemu dengan salah seorang petani sayur hidroponik, sekaligus Pemilik toko Pekanbaru Green Farm, Bu Liza Ika Savitri. Ia bercerita telah memulai menanam dengan teknik hidroponik sejak 2014 lalu. Menurutnya urban farming memang sangat cocok diterapkan di perkotaan seperti Pekanbaru. Bahkan Bu Ika juga memiliku farm di atap rukonya, serta Greenhouse di Jalan Tulip.


"Meskipun di kota kita tetap bisa menanam, bahkan dengan lahan sempit sekalipun. Tidak perlu lahan yang luas. Kita tahu Pekanbaru ini juga dikenal dengan Kota Sejuta Ruko. Kalau semua ruko juga menanam secara hidroponik angkat sangat bagus,” tuturnya.


Di tengah-tengah pandemi seperti sekarang ini, dimana masyarakat diimbau untuk work from home semakin meningkatkan animo masyarakat untuk menanam. Hidroponik juga sangat cocok diterapkan bagi seseorang yang memiliki minat serius dalam hal tersebut.

Untuk menanam pun, hanya diperlukan tempat yang terkena matahari secara langsung, tanpa adanya bayang-bayang. Bisa ditempatkan di teras rumah, atau bahkan atap ruko atau rooftop. MenurutBu Ika, Hidroponik ini gampang, tergantung pada minatnya. Apakah ingin mengisi waktu luang, atau bertani untuk konsumsi sendiri, atau pun untuk dijadikan ladang bisnis dengan cara menjualnya. 

Nah untuk mengetahui apakah tanaman mendapatkan sinar matahari yang cukup, Bu Ika mengatakan, bisa dengan mencoba dengan menanam bayam merah atau bayam batik. Jika warna bayam tersebut berwarna merah tua dan enak dipandang mata, berarti posisi tersebut sudah mendapatkan matahari yang cukup. “Kalau kurang cahaya matahari, warna merah akan kehijauan, dan tidak cantik. Bobot sayur panen bergantung dari cukup tidaknya sinar matahari yang didapt tanaman,” jelasnya. 

Dijelaskan Bu Ika, alat yang diperlukan untuk menanam secara hidroponik ini adalah, netpot, rockwool, benih, nutrisi, pipa paralon untuk media tanam, pompa aquarium untuk mengalirkan sirkulasi air sebagai pengganti tanah, Ph-meter, dan TDS meter. “Alatnya bermacam-macam, ada sistim yang 200 lubang, bermacam-macam semuanya ada,” ungkapnya.

Selanjutnya, sebelum memulai penanaman, benih harus disemai terlebih dahulu. Untuk sayur-sayuran, media yang paling banyak digunakan adalah rockwool. Biasanya media rockwool digunakan untuk tanaman sayur mayur yang panen cepat, dan tidak diperuntukkan bagi tanaman buah. Dalam berhidroponik, setiap orang memiliki cara masing-masing, begitupun dengan menyemai, berbeda-beda baik dalam ukuran rockwool, lama semaian, dan jumlah semaian.

“Biasanya untuk kangkung dan bayam, satu rockwool disemai dengan 6-9 benih, selain itu hanya satu. Untuk sayuran selain kangkung dan bayam diisi satu benih untuk satu rockwool," papar Bu Ika.

Semaian yang disemai dengan media rockwool

Penyemaian sendiri bisa menggunakan rockwool yang dipotong persegi berukuran kira-kira 2,5 x 2,5 cm, kemudian rockwool dicelupkan ke air, lalu disusun dalam nampan, selanjutnya dibuat lubang, lalu benih di masukkan ke dalam lubang tersebut. Setelah itu, disiram setiap pagi dan diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari, setelah empat daun, baru dimasukkan ke dalam sistim dan diberi nutrisi.

Rata-rata sayuran yang ditanam secara hidroponik memakan waktu 35 sampai 40 hari untuk bisa dipanen, kecuali sayuran kangkung yang biasanya sudah bisa dipanen saat berusia 20 hari.

“Untuk perawatan sendiri, setelah disemai, kemudian dijemur, lalu dimasukkan ke sistim, kita kasih nutrisi secara rutin. Kalau semaian baru masuk sistim, penambahan nutrisi bisa sekali seminggu, kalau sudah dekat panen bisa setiap hari,” kata Bu Ika.

Dengan menanam secara hidroponik, secara tidak langsung juga akan berdampak positif bagi lingkungan tempat tinggal. Dimana, tanaman yang ditanam akan membuat udara lebih segar. Sedangkan jika membuat kebun di ruko bagian atap, lantai di bawahnya akan semakin sejuk. Karena secara tidak langsung bisa menjadi pendingin. Akan sangat bagusnya jika memiliki ruko bisa buka farm di atasnya.

Tanaman seperti sayur-sayuran hasil hidroponik juga memiliki keunggulan dibandingkan dengan tanaman yang ditanam secara konvensional atau menggunakan media tanam tanah. Sayuran hidroponk memiliki ukuran yang lebih besar, lebih segar, dan visual yang indah. Jika dilihat sangat berbeda dengan sayur  yang ditanam secara konvensional, sayur dari hidroponik lebih besar, lebih cantik, dan lebih segar. 

Untuk menanam secara hidroponik, Bu Ika menyarankan untuk tetap memakai atap yang dibuat khusus untuk tanaman hidroponik, yaitu atap dari plastik UV. Karena tanaman hidroponik mengandalkan konsentrasi nutrisi yang seimbang, maka atap akan sangat berperan melindungi tanaman dari cuaca. “Hidroponik, kita pakai atap, kita main konsentrasi. Kalau terlalu banyak terkena air hujan, nanti konsentrasinya bisa berubah. Dengan demikian, adanya atap ini kita musim hujan atau musim panas tidak terlalu berpengaruh, risiko tetap ada tapi tak seberapa. Di sini kita menggunakan plastik UV," ucapnya.

Tanaman di Green House Pekanbaru Green Farm (di foto bukan Bu Ika ya)

Kendati demikian, menanam secara hidroponik juga tidak bisa terbebas dari hama tanaman. Biasanya, setiap tanaman memiliki hama yang berbeda-beda, dan setiap hama memiliki teknik tersendiri untuk mengatasinya. Oleh karena itu untuk penanggulangan hama tanpa pestisida kimia, lebih baik dilakukan pencegahan sebelum hama datang. 

Jenis hama yang bersayap yang kerap menimpa tanaman pakcoy, adalah leaf miner, yaitu larva dari lalat buah yang makan di dalam daun, dan membuat daun seperti memiliki jalan, dan daun seperti tergores panjang. Lalu kumbang-kumbang kecil yang membuat daun berlubang. Dua jenis hama ini bisa diatasi dengan perangkap yellow trap yang berbentuk seperti lem, berwarna kuning, dan beraroma, sehingga menarik lalat buah dan kumbang kecil. Hama akan menempel, sehingga tidak memerlukan pestisida.

Di toko Bu Ika, Pekanbaru Green Farm yang berada di Jalan Jenderal No 52 C Pekanbaru, juga menyediakan peralatan lengkap untuk menanam, benih, hingga nutrisi. Sistim berupa pipa yang dibuat khusus memiliki lubang yang berbeda-beda. Harga pun menyesuaikan dengan setiap sistim yang ditawarkan. Semua bisa disesuaikan, tergantung ingin menanam seperti apa. Ada macam-macamnya, contohnya sistim yang 200 lubang seharha Rp4,4 juta, 100 lubang Rp3,5 juta, 20 lubang Rp1,2 juta. Semakin banyak luangnya makin murah. Itu mendapatkan tong yang sama, pompa sama. Ada juga yang model rak. 

Selain itu, Pekanbaru Green Farm juga memberika pelatihan bagi masyarakat yang ingin belajar menanam secara hidroponik. Dalam pelatihan tersebut, peserta akan mendapatkan teori, praktik langsung cara menyemai dan mengaplikasikan nutrisi, panen sayur, hingga cara pengepakan sayur sebelum dijual. “Pelatihan tersebut berlangsung selama satu hari, nanti akan dimasukkan ke dalam grup WhatsApp, sehingga ketika ada kendala saat menanam ke depannya bisa ditanyakan melalui grup tersebut,” pungkas Bu Ika.


Thursday, June 18, 2020

Review Skincare BFS Glowing Body

BFS Glowing Body

Halo teman-teman pembaca semuanya. Rasanya sudah lama sekali aku tidak me-review terkait kecantikan. Alasan pertama, karena aku lebih sering nge-review jalan-jalan. Kalau produk-produk kecantikan yang aku review ini, murni aku pakai sendiri. Jujur saja, aku bukan beauty blogger, jadi kalau review-ku ini ya sekadarnya lah, berdasarkan pengalaman pribadi. Jadi kali ini aku akan me-review produk skincare Brightening Facial Series (BFS) Glowing Body. Ada empat produk dalam series ini, yaitu toner, facial wash, daily cream, dan night cream.

Kondisi wajah aku agak berminyak, dan sebelum pemakaian aku ada sedikit jerawat, dan bekas jerawat di bagian pipi dan dagu. Aku pakai produk ini sekitar dua bulan. Awalnya, aku lihat temanku yang mukanya sangat glowing, tanpa adanya masalah-masalah kayak jerawat, terus juga bisa dikatakan wajahnya Shining Shimmering Splendid, dah kayak lagu aja. Tapi bener, ku tanya-tanya ke dia, ternyata pakai BFS Glowing Body.

Karena aku belinya satu paket, aku dapat pouch warnanya biru, lupa aku letak dimana, terus di dalamnya selain produk, ada, tas kecil buat nenteng itu lo, sama prosedur penggunaannya. Harganya se paket Rp330  ribu di Shopee. 

Petunjuk pemakaian

Langsung saja kita bahas produknya, satu per satu.

1.     The Glowing Body’s Cosmetic, Facial Wash

 

The Glowing Body's Facial Wash

Facial wash ini dipekarya dengan extract apple stemsell untuk membersihkan menyeluruh, mengandung antioksidan yang tinggi, dan meregenerasi sel kulit, dan menunda penuaan dini. Diformulasikan untuk kulit wajah agar tampak segar dan cerah alami, membersihkan dengan lembut, dan membantu menjaga kelembaban kulit.

Komposisinya terdiri dari, aqua, PEG-120 methyl glucose dioleate, hydroxyethyl urea, rfys, niacinamide, allantoin, sodium laureth sulfate, dmdm hydantoin, glucose, cocamide DEA, CI 15985, CI 77019, phenoxyethanol, malus domestica fruit, cell culture extract (apple stemsell extract), potassium cocoyl glycinate, fragrance (parfum) components and finished frarances.

Bentuk botolnya bisa dilihat seperti di gambar, isinya 100 ml dan ini udah ada BPOM nya, yaitu NA 18181208101. Jadi kalau ragu milih produk kecantikan apakah mengandung sesuatu yang berbahaya, lihat aja ada BPOM-nya apa tidak.

Wanginya cukup segar, tapi aku nggak tau itu bau apa, seperti apel tapi kaya bukan gitu. Warnanya bening, seperti jel dan cukup kental. Kalau nuanginnya sedikit busanya tidak banyak. Ya secukupnya aja biar dapat busa yang cukup.

2.      The Glowing Body’s Cosmetic, Facial Toner

The Glowing Body Facial Toner

Berdasarkan tulisan di botolnya, produk ini diperkaya extract apple stemsell untuk membersihkan menyeluruh, mengandung antioksidan yang tinggi dan meregenerasi sel kulit menunda penuaan dini. Bekerja hingga ke dalam pori, membantu mencerahkan dan mencegah jerawat. Formula bebas minyak membantu membersihkan minyak dan kotoran hingga kulit terasa bersih dan halus.

Komposisinya terdiri dari aqua, glycerin hydantoin, edta, propylene glycol, alcohol, dmdm hydrogenated castor oil, malus domestica fruit cell culture extract (apple stemcell extract), CI 77019, CI 15985, fragrance (parfum) components and finished fragrances.

Seperti facial wash-nya, bentuk botol sama persis cuma beda tulisan. Isi di dalamnya berupa air, tidak kental sama sekali, dan tentu saja produk ini memiliki no BPOM NA 18181207936.

3.      The Glowing Body’s Cosmetic, Day Cream

Day Creamnya nggak penuh karena sudah kupakai

Krim ini membantu, melembabkan, menghaluskan, dan membantu membuat kulit tampak lebih cerah. Komposisinya terdiri dari, aqua, carbomer, edta, allantoin, niacinamide, butylene glycol, BHT, cetyl alcohol, stearic acid, cetearyl alcohol, ceteareth-33, dimethicone, titanium dioxide, alumnum starch octenylsuccinate, dlisostearyl malate, trimethylsiloxysillicate, phenyl trimethicone, phenylpropyldimethylsiloxsilicate, phenoxyethanol, dmdm hydantoin ethylhexyl mathoxycinnamate, ascorbyl tetraisopalmitate, glutathione, Cl77019, CI 15985, fragrance (parfum) components and finished fragrances.

BPOM NA 18180105160. Warna produk ini merah jambu, punya aroma yang cukup kuat, kalau dibilang wangi sih enggak, tapi cukup beraroma, juga tidak lengket saat dipakai.

4.      The Glowing Body’s Cosmetic, Night Cream

Night cream yang udah tinggal dikit

Krim ini membantu merawat keremajaan kulit, menghaluskan kulit, serta  membuat kulit tampak lebih crah. BPOM NA 18180105159.

Komposisi terdiri dari, aqua, carbomer, edta, butylene glycol, BHT, cetyl alcohol, stearic acid, dimethicone, peg-100 stearate, glyceryl stearate, niacinamide, titanium dioxide, allantoin, triethanolamine, phenoxyethanol, ascorbyl tetraisopalmitate, lactococcus ferment lysate, glycyrrhiza glabra root extract, fragrance (parfum) components and finished fragrances

Berbeda dengan krim siang, krim malamnya berwarna putih susu, dan lebih padat dibandingkan dengan krim siang. Jujur yang malam aromanya pun lebih harum. Sama dengan krim siang, krim malamnya juga tidak lengket di wajah.

Review Pemakaian Pribadi

Sebelumnya, aku mau menyampaikan, setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Ada yang cocok dengan produk tertentu, ada juga yang tidak cocok pada produk tersebut. Bisa jadi produk ini cocok di Kamu dan tidak cocok di aku, pun sebaliknya.

Sebelum memutuskan memakai produk ini, aku juga melihat review-review teman-teman yang sudah pakai, mungkin dari testimoni atau pun review pembeli yang lain di toko online. Rata-rata sih bilang cocok, dan memutuskan untuk melakukan repeat order.

Pakai produk ini, memang terlihat perbedaannya, aku merasa mukaku jadi lebih cerah dan bersinar. Namun, ada tapinya, di awal aku bilang punya jerawat. Di muka ku, produk ini sama sekali tidak menghilangkan jerawatku, semakin putih muka, semakin terlihat bekas jerawat hitam-hitam, dan jerawat masih bermunculan meski tidak banyak. Ya di sekitar-sekitar jerawat lama lah.

Sebelumnya, aku nggak pakai produk perawatan wajah seperti ini. Setelah konsultasi, sama temanku yang sudah pakai banyak skincare, ia menyarankan untuk mencoba satu per satu dulu, untuk menemukan yang mana dari keempat produk ini yang menyebabkan jerawat. Jadi aku berhenti pakai semuanya, aku coba selama lima hari pakai facial wash, dan cukup bagus di muka, tidak ada jerawat baru yang muncul, dan jerawat yang merona tak lagi merekah.

Setelah lima hari, aku putuskan facial wash tidak menyebabkan jerawat untuk wajahku, lalu aku berlanjut memakai facial wash disusul sama day cream. Baru pakai dua hari jerawatku kembali muncul dan merekah dengan indahnya. Kemudian, aku tidak ada mencoba krim malam setelah ini.

Nah itu dia review aku tentang BFS Glowing Body. Semoga bermanfaat. Kembali lagi, setiap wajah itu berbeda-beda, ada yang cocok, dan tidak cocok. Bagaimana dengan kalian? Apakah cocok memakai produk ini? Silahkan drop komentar kalian di sini.

Produk Glowing Body yang masih aku pakai sampai sekarang itu body lotion, itu  bagus banget, kapan-kapan aku akan mereviewnya.

Ini foto perbandingan aku, awal pemakaian dan terakhir pemakaian.