Tuesday, October 16, 2018

Mengajar? Ini Hal yang Harus disiapkan untuk Hari Pertama


Mengajar? Ini Hal yang Harus disiapkan  untuk Hari Pertama
Hari pertama mengajar bukanlah hal yan dinanti-nanti, rasanya pasti gugup, resah hingga membuat malam-malam terasa mengerikan. Apa yang akan terjadi besok? Bahkan aku sempat berharap jika hari esok datang minggu depan, aku juga berharap jika malam malam bisa berjalan lebih panjang dan waktu berjalan lebih lambat.

Bukan hanya sekali dua kali aku merasa seperti ini, dulu ketika pertama kali mengajar di sekolah, rasa itu juga tak mudah hilang. Ketika pertama kali mengajar Bimbingan Belajar (Bimbel), aku juga masih merasakan hal yang sama. Lalu apa yang bisa kamu lakukan atau persiapan menghadapi hari pertama mengajar. Berikut aku akan memberikan tips-tipsnya dari pengalaman pribadi aku.

Persiapkan Materi

Salah satu hal yang dikhawatirkan ketika akan mengajar adalah rasa takut jika anak murid lebih pintar dari gurunya, bagaimana jika kita tidak bisa menjawab pertanyaan yang kadang muncul tiba-tiba. Bagaimana jika kita tidak dihargai anak murid dan dianggap bodoh. Hal yang harus dilakukan adalah menguasai sebaik mungkin, siapkan apa yang akan disampaikan untuk besok. Jangan sampai kelabakan dan kebingungan tentang apa yang ingin kamu sampaikan, list kan materi yang akan diajarkan, jangan berlebih materinya karena ini akan membuat mu kebingungan kedepannya.

Ingat, Muridmu Hanya Siswa

Ya, mereka hanya siswa, bukan penguji. Mereka tidak akan memberikan pertanyaan di luar dari materi yang kamu ajarkan. Mereka mengikuti materi yang diajarkan. Jangan khawatirkan jika siswa lebih pintar, justru itu akan mempermudahmu untuk mengajar, dia akan menjelaskan kembali kepada temannya dan mudah memahami materi, tentu saja ini akan meringankan bebanmu dalam mengajar.

Percaya Diri

Kamu akan mendapatkan kepercayaan siswa, jika kamu yakin dan percaya diri terhadap apa yang kamu sampaikan. Jangan tunjukkan keraguanmu, karena hal itu akan membuat siswa memandang remeh kamu. Jika siswa menyela atau menyalahkan jawaban kamu, hadapi dengan percaya diri, periksa kembali, dan jangan malu mengatakan kalau kamu khilaf, tapi katakan dengan nada bahwa itu memang sengaja kamu lakukan untuk menguji seberapa fokus siswamu. Jangan bersikukuh bahwa jawabanmu benar, coba buktikan bersama-sama. Dengan mencari bersama-sama itu akan meminimalisir rasa malu haha.

Berpakaian Rapi

Pakaian mungkin terdengar sepele, guru adalah model di dalam kelas, semua siswa akan tertuju padamu, maka sebisa mungkin siapkan pakaian yang pas dan rapi, agar kamu terkesan meyakinkan dan pintar. Pakai juga parfum, siapa sih yang tak suka dengan bau harum. Jangan mengajar dengan pakaian berantakan, karena itu hanya akan membuat siswa berbisik di belakangmu. Siapkan pakaianmu minimal sehari sebelum mengajar di hari pertama, agar kamu tidak terburu-buru ketika berangkat.

Istirahat yang Cukup

Ini yang penting, jangan sampai terlalu sibuk menyiapkan materi, kamu jadi lupa untuk mengistirahatkan dirimu. Usahakan untuk tidur meski tak bisa tidur, agar pagi tidak kesiangan. Terlalu banyak belajar hanya akan membuatmu semakin stress, belajar secukupnya.

Bawa Air Putih

Mengajar adalah kegiatan yang membutuhkan mulut untuk banyak berbicara dalam menjelaskan. Kalau kamu mengajar di sekolah, hindari minum dalam kelas, tapi setelah istirahat aku bisa jamin air adalah hal pertama yang kamu cari.

Sekian beberapa tips persiapan menghadapi hari pertama sebelum mengajar, semoga bermanfaat, dan semoga hari pertamamu berjalan menyenangkan. Berikan kesan yang baik di hari pertama, karena ini akan menentukan pandangan siswamu terhadap hari berikutnya. Kalau hari pertama belum sukses, ingat masih ada hari kedua. Tiap hari adalah kesempatan, kehilangan satu bukan berarti kamu kehilangan hari selanjutnya.

No comments:

Post a Comment

Adbox