Sunday, November 25, 2018

5 Fakta Tentang Diriku Ketika Traveling



Ada banyak hal yang ingin kulakukan ketika sedang melancong di negeri orang, hal-hal yang terkadang jarang dilakukan orang lain ketika bepergian, meski jarang bukan tetapi tidak ada kan? Nah ini fakta yang menurutku unik tentang aku dan perjalananku.


Mabuk

Bukan kawan! Bukan mabuk alkohol seperti yang ada di pikiran negatif mu. Mabuk yang ku maksud adalah mabuk perjalanan, biasanya orang yang mabuk perjalanan atau pemabuk kurang menyukai aktivitas traveling yang menggunakan transportasi jarak jauh seperti bus, travel, kapal atau pesawat. Berbeda denganku, aku mabuk tapi aku tak peduli, asalkan bisa  jalan-jalan, lusinan mabuk pun tetap kutahan. Musuh utamaku saat di perjalanan adalah Bis dan mobil yang melaju tidak karuan dan memiliki bau-bauan aneh, pernah suatu ketika aku pergi ke Lampung yang memakan waktu dua hari satu malam, tak tanggung-tanggung, aku hanya tidur-bangun-muntah-makan- dan tidur lagi, begitu seterusnya hingga sampai di tempat tujuan.


Membuat Video

Di tempat-tempat baru yang pertama kali ku kunjungi, seolah menjadi suatu kewajiban untuk mengabadikannya tak hanya melalui foto tapi juga video. Rasanya aneh jika pergi ke suatu tempat tapi hanya membawa pulang foto-foto, tak jarang orang-orang heran karena foto perjalananku lebih sedikit padahal sepanjang perjalanan tak henti-hentinya aku menyalakan kamera.

 
Lebih Suka Alam dari pada Kota

Jujur aku sangat jarang bermain di Mall atau tempat-tempat perbelanjaan lainnya. Aku lebih suka pergi ke hutan, gunung, laut, air terjun ketika menghabiskan waktu liburan di kota. Dalam waktu setahun, bisa dihitung jari kapan saja aku pergi ke Mall. Pun aku kurang tertarik dengan wisata yang hanya menyuguhkan tempat untuk berswafoto, aku suka dengan wisata yang bisa dinikmati tak hanya oleh mata. Aku ingin menceburkan diri di air, merasakan panasnya pantai, dinginnya gunung, dan mendengar merdunya nyanyian hutan. Kendati demikian aku tidak mengatakan tidak suka, hanya saja aku menambahka kata 'Lebih' sebagai perbandingan.


Baju Bertulisan

Di suatu kesempatan aku selalu menyempatkan diri untuk membeli cinderamata berupa baju untuk diriku sendiri. Bukan sembarang baju, tapi baju yang bertuliskan nama daerah tersebut, bukan apa-apa, hanya sebagai bukti aku pernah menginjakkan kaki di tempat tersebut. Kenapa tidak gantungan kunci? Gantungan kunci itu khusus untuk oleh-oleh buat teman-temanku.
 

Tidur Mati

Ini adalah hal yang paling kutakutkan ketika melakukan perjalanan seorang diri, dan yang lebih berbahaya adalah aku tidak bisa menghindarinya. Kau tahu kawan, ketika perjalanan rasa capek itu sangat terasa lebih dan lebih. Ketika merebahkan kepala di kursi, sudah pasti cepat atau lambat aku akan tertidur,  apalagi kalau mabuk, dunia terasa hilang. Hal memalukan gara-gara tidur mati adalah ketika di sebuah gerbong kereta yang duduknya berhadap-hadapan, hanya aku seorang diri perempuan, seorang laki-laki muda di sampingku, dan dua pria yang juga muda di hadapanku. Saking lelahnya aku tak peduli dengan yang namanya Jaim a.k.a Jaga Image, tidur ya tidur, ketika terbangun kusadari aku ngences sepanjang tidurku. Memalukan. Tapi hal ini masih lebih baik dibandingkan bertemu dengan orang jahat di perjalanan, Alhamdulillah Allah masih melindungiku.

Itulah beberapa hal tentang diriku ketika traveling, aku ingin menuliskan banyak hal tentang diriku, tapi aku terlalu malu membicarakan diriku sendiri.

2 comments:

  1. Mba, saya pernah ngerasain sepanjang perjalanan mabuk. Walah teparnya setengah mati sampai akhirnya saya memutuskan nginap dulu di hotel. Sumpah, gak kuat hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo udah mabuk emang ngeselin kak... badan uda minta haknya

      Delete

Adbox