Thursday, November 22, 2018

Namaku adalah Namanya, My Blog is Me

DAY3!

Ada yang mengatakan ‘Apalah arti sebuah nama?’ ada juga yang bilang bahwa nama adalah do’a dan harapan. Ada orang yang memberi nama untuk setiap benda atau apapun yang dimilikinya. Ada orang yang acuh tak acuh terkait sebuah nama. Lalu bagaimana dengan blog? Haruskah blog memiliki nama yang berarti? Ku beritahu sedikit kawan, tentang annafimuja.com dan arti dibaliknya.

Bagiku nama adalah sesuatu yang berarti, sesuatu yang tiap kali orang memanggil aku akan menolehkan kepala kecuali jika aku tak mendengar atau aku terlalu malas menoleh. Nama lengkapku Mujawaroh Annafi, berasal dari Bahasa Arab yaitu Mujawaroh yang artinya tetangga dan Annafi’ berarti Memberi Manfaat. Mungkin orang tuaku berharap agar aku menjadi manusia yang bermanfaat tak hanya bagi nusa dan bangsa tapi juga untuk siapa saja yang ada di dekatku.

Lalu kemana kata ‘Waroh’ nya pergi? Dulunya aku ingin memakai nama lengkapku mujawarohannafi.com. tetapi kata Mujawaroh terlalu sulit diingat dan dibaca. Ntah mengapa mereka sering mengeja Munawaroh atau Munaroh daripada Mujawaroh. Jadi aku memutuskan memakai nama Annafimuja, nama yang sering menjadi panggilanku dan lebih mudah diingat.

Pernah kuceritakan padamu kawan, dulunya aku memakai nama Kerbau Kampus di blogku, tapi kemudian aku tersadar, bagaimana nanti jika aku lulus kuliah, tak mungkin kata Kampus tetap dipertahankan. Lalu aku berpikir untuk memberi nama unik seperti Kambing Jantan kepunyaan Raditya Dika, atau nama-nama aneh yang jarang di dengar seperti Kambing Kebun.

Banyak blogger-blogger menggunakan namanya sendiri dengan percaya diri seprti Muthihaura.com, Kadekrini.com dan lain-lain. Kenapa aku tidak? Namaku juga tidak kalah keren dari punya orang, namaku jarang dimiliki oleh orang lain, namaku juga unik menurutku serta punya do’a dari orang tua yang telah rela menebusku dengan dua ekor kambing (padahal hanya butuh satu untuk anak perempuan).

Itulah beberapa hal yang melatarbelakangi lahirnya annafimuja.com, tidak ada alasan spesifik pengambilan nama itu, namaku dan hanya namaku. Aku adalah pemilik otakku, aku adalah pemilik jari-jariku, dan aku adalah pemilik namaku, aku juga pemilik blogku.

Dulu aku sempat ingin punya nama pena, tapi setiap nama pena yang aku dapatkan selalu ingin ku ganti tiap aku merasa bosan, merasa kurang keren atau merasa terlalu aneh. Berbeda dengan nama asli yang tentu saja butuh pemikiran panjang untuk merubahnya. Aku nyaman dengan pemberian nama ini dan aku tidak pernah berniat sekalipun untuk menggantinya.

No comments:

Post a Comment

Adbox