Tuesday, November 20, 2018

Ngeblog? Hidup Abadi dengan Menulis



Jika ada pertanyaan, sejak kapan mulai ngeblog? Hmm jawabannya, ketika masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) tepatnya kelas sebelas. Kala itu internet adalah hal mewah di kampungku di mana harga paket data mahalnya setinggi tiang bendera, kalau mau murah harus siap begadang tengah malam. Tahun berapa? Tahun 2013.
 
Hal yang membuatkau nekat membuat blog, terinpirasi dari Raditya Dika yang terkenal dengan Blognya Kambing Jantan. Padahal sebelumnya aku tidak tahu menahu siapa sih si Radit ini. Berbekal blog gratisan dari Wordpress akhirnya lahirlah blog pertamaku dengan nama annafimuja.wordpress.com. tak banyak hal yang aku tuliskan ketika di SMA, seputar sekolah, tugas dan beberapa karangan kecil, tak peduli teknik tak peduli apapun, yang aku tahu hanya menulis.

Sudah kuceritakan padamu kawan, betapa istimewanya hal bernama internet itu, alhasil hal itu juga yang membuatku ngeblog setengah hati, sisanya sudah kuberikan kepada dia. Eaak. Lupakan.

Masuk di dunia kuliah, dunia yang paling indah setidaknya menurutku. Banyak perjalanan panjang dan pengalaman indah yang rasanya sangat disayangkan untuk dilalui tanpa diceritakan apalagi dilupakan. Jika Radit terkenal dengan Kambing Jantan, maka aku cukup dikenal di kelasku dengan nama blog Kerbau Kampus, nama yang bagus bukan?

Di tahun pertama aku hanya mengisi dengan kisah seputar dunia perkuliahan, tugas-tugas, dan beberapa karya receh yang tak seberapa tapi bisa dibilang lumayan. Hingga akhirnya aku  berkenalan dengan seniorku di organisasi yang berkecimpung di dunia literasi. Inilah yang membuatku semakin dan makin jatuh cinta dengan menulis. Bersama seniorku aku belajar bagaimana menulis di blog yang baik, memperbanyak perbendaharaan kata, belajar teknik-teknik menulis, serta belajar memperoleh pundi-pundi rupiah dari blog.

Aku kembali membangun blog ku dari awal, meninggalkan Kerbau Kampus dan beralih ke blog yang katanya lebih profesional dengan akhiran dotcom, www.annafimuja.com. Akan kuceritakan padamu kawan, hal bahagia yang kudapati dari ngeblog, ku harap kau sedikit terinpirasi karena dengan menulis maka hidupmu akan abadi. Let’s Check it Out.


MENULIS MENJADI ABADI

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dalam masyarakat dan dari sejarah, menulis adalah belajar untuk keabadian,” Mungkin kau pernah mendengar kalimat tersebut atau pernah membacanya, tak lain tak bukan itua adalah kutipan dari Sastrawan terkenal Pramodya Ananta Toer. Dengan menulis maka kau bisa bercerita meski jasadmu sudah terkubur di bawah pusara. Menulis adalah cara terbaik berkisah tanpa perlu menjadi hantu. Menulislah maka kau akan abadi.


NGEBLOG, MENGAWETKAN TULISAN

Jika dulu orang menulis kisah hidup dengan diary, bisa hilang oleh waktu, dimakan rayap, terbakar api atau tersiram kopi. Dengan ngeblog tulisanmu tak akan hilang meski kau sudah tua dan lupa password blog mu, cukup ketikkan alamatmu makan kau akan melihat tulisanmu yang dulu. Asal internet tidak punah dari dunia makan tulisanmu akan terawetkan lebih awet dari pada mumi.


NGEBLOG, MENGIKAT KENANGAN

Lupa itu manusiawi, tak perlu menjadi tua untuk lupa, aku yakin kamu pernah lupa dimana kau meletakkan kunci motormu. Apalagi tentang suatu kejadian bertahun-tahun silam, bertahun-tahun akan datang kau akan melihat dirimu sedang bercengkerama dengan sahabatmu dari masa lalu yang masih hidup, menertawakan suatu kejadian dan bertengkar terkait manakah hal yang paling benar. Jika hal itu terjadi coba buka kembali blogmu, tulisan dari ketikan laptop jadulmu akan membawamu kembali ke masa silam, mengingatkan dengan jelas peristiwa-peristiwa yang kau alami. Jangan paksakan otak tuamu mengingat tanpa bantuan. Jika kamera untuk memetik foto, maka tulisan akan mengikat kenangan agar tak tercampur dengan imajinasi liar bertahun-tahun mendatang.


NGEBLOG, MENGHASILKAN UANG

Coba kau tunjukkan padaku kawan, manusia waras mana yang tak butuh uang. Nenek-nenek pun butuh uang untuk diberikan kepada cucunya. Begitu juga aku, tapi sayangnya aku tak bisa bercerita panjang lebar terkait hal ini, aku masih newbie dalam menghasilkan uang dari blog. Betapa senangnya aku ketika akunku diterima Google Adsense, iklan yang menghasilkan uang apabila ada pengunjung yang klik iklan tersebut, tak banyak tapi aku akan berusaha.

Seperti kata seniorku, “Ngeblog itu dari hati, jangan niatkan dapat uang, kesempurnaan akan datang seiring berjalannya waktu, meski kau tau tiada yang sempurna di dunia ini.”

Itulah hal-hal yang membuatku ingin selalu menulis, dengan menulis aku menjadi abadi, dengan ngeblog tuliskanku terawetkan, juga dengan ngeblog kenanganku akan terikat dengan kuat dalam tulisan dan kenangan.

Sekian dan terimakasih, saya Mujawaroh Annafi undur diri....



alasan harus ngeblog, kenapa harus ngeblog, keuntungan ngeblog

No comments:

Post a Comment

Adbox