Cari

cari

Thursday, May 16, 2019

Berkunjung Ke Kampung Rabbit’s Pekanbaru

Anak-anak bermain bersama kelinci di Kampung Rabbit's Pekanbaru

Puluhan anak usia dini terlihat asik mengejar kelici yang berlari-lari menghindar meski akhirnya tertangkap. Beberapa  kelinci bersembunyi di liang buatan untuk menghindari anak-anak yang berusaha menggendongnya. Anak-anak lain berhasil menangkap kelici dan bermain-main, ada beberapa yang mencoba memancing kelinci-kelinci tersebut dengan dedaunan dan makanan kelinci.

Sempat kasihan juga sih liat kelinci-kelinci ini berlari menghindar. Mungkin saking gemesnya bahkan ada yang berebutan menggendong hewan lucu ini.

Kelincinya pun tak semuanya ketakutan dan bersembunyi di liang, ada yang dengan pasrah sambil terus mengunyah daun yang diberikan anak-anak sambil dielus-elus dan digendong kesana kemari.

Sambil duduk-duduk manis aku ngobrol cantik dengan owner Kampung Rabbit's Putriyana, katanya dia membuka kampung kelinci ini sejak 2017 lalu. Awalnya cuma hobi tapi ternyata dia sinung. Tau kan apa itu sinung?

Sinung itu semacam kalau pelihara apa pun pasti bisa bertahan lama. Pandai pelihara binatang lah maksudnya. Awalnya Putri cuma punya sepasang kelinci yang akhirnya beranak pinak.

Setelah kelincinya beranak-pinak, Putri mulai terpikir untuk mengembangbiakkan  kelinci dan membentuk perkampungan kelinci. Keinginannya tersebut mendapatkan dukungan penuh dari keluarga Putri.

“Awalnya cuma punya dua ekor, lama-lama jadi banyak. Terus terpikir lah untuk membuat kampung kelinci. Alhamdullillah dapat dukungan dari orang tua,” kata Putri.

Baca Juga: Asia Farm Pekanbaru

Dimana sih letak Kampung Rabbit's  ini?


Kelinci bersembunyi di liang. Kampung Rabbit's Pekanbaru

Kampung Rabbit’s terletak di Jalan Kenanga/Melur, Tenayan Raya, Pekanbaru. Kalau lebih mudahnya bisa cek maps. Tinggal ketik Kampung Rabbit's, taraaa silahkan ikuti petunjuk. Tenang tidak akan tersesat kok. Aku juga pakai maps soalnya.

Ada Berapa Banyak Kelinci di Kampung Rabbit's?

Kandang kelinci Kampung Rabbit's Pekanbaru

Tahukah kamu, kalau Kampung Rabbit's ini satu-satunya perkampungan kelinci di Riau. Ada sebanyak 300 ekor kelinci yang ada di perkampungan milik Putri tersebut.

Selain ditujukan untuk wisata, Kampung Rabbit’s juga memberikan edukasi terkait hewan bertelinga panjang ini. Seperti mengenal jenis-jenis kelinci, hingga cara memelihara kelinci.

“Yang datang ke sini kebanyakan anak-anak, jadi mereka selain bermain juka mendapatkan edukasi,” ujar Putri.

Kampung Rabbit’s ini memiliki luas tanah sekitar seperempat hektar. Selain kelinci juga disediakan arena bermain bagi anak-anak. Seperti ayunan, seluncuran dan lain-lain. Puluhan gambar dan patung-patung kelinci menghiasi berbagai sudut kampung ini.

Liang-liang kelinci juga dibuat agar kelinci merasa nyaman. Selain itu terdapat kandang kelinci yang dibuat menyerupai menara holland dalam ukuran mini.

Baca Juga: Taman Agrowisata Tenayan Raya

Ada Apa Aja di Kampung Rabbit's?

Kampung Rabbit's Pekanbaru

Di bagian belakang Kampung Rabbit’s puluhan kandang kelinci dijejer sedemikan rupa. Kandang ini untuk perawatan kelinci yang masih baby dan kelinci yang sedang hamil.

Semua orang tahu gimana ganasnya, eh gemesnya anak-anak dengan kelinci jadi hanya yang berusia di atas lima bulan yang dikeluarkan dari kandang. Usia tersebut adalah usia dimana kelinci sudah prima dan bisa diajak bermain. Sedangkan untuk yang di bawah lima bulan masih terlalu rentan.

Ada banyak jenis kelinci di Kampung Rabbit’s ini, seperti kelinci anggora, lop, flemish giant, rex, dutch, lion, dan netherland dwarft (ND).

Selain kelinci juga disediakan sate kelinci. Tega gak sih makan daging hewan lucu ini? Kalau aku asal halal ya.... Hmmm hmmm hmmm. Kendati demikian, sate kelinci ini tidak dijual setiap hari. Hanya saat akhir pekan dan hari libur nasional karena stok daging kelinci sangat terbatas.

Aku sempat mencoba rasa sate kelinci, rasanya tak jauh neda dengan ayam. Atau aku yang gak bisa bedain ya? Dan harganya lumayan mahal menurutku. Rp 25 ribu.

Baca Juga: Perkebunan Labu Hannah Butternut Pumpkin

Berapa Harga Tiket Masuk Kampung Rabbit's?

Memberi makan kelinci di Kampung Rabbit's Pekanbaru

Tiket masuk Kampung Rabbit’s untuk anak-anak Rp 5 ribu, sedangkan untuk dewasa dibanderol dengan harga Rp 10 ribu. Pengunjung dapat menikmati fasilitas yang ada di Kampung Rabbit’s. Selain itu untuk makanan kelinci dijual seharga Rp 5 ribu.

No comments:

Post a Comment

Adbox