Cari

cari

Friday, August 30, 2019

Cara Tes Toefl ITP di Pekanbaru

Toefl
Kali ini aku akan membahas tentang bagaimana cara tes TOEFL ITP di Pekanbaru. Sebelumnya aku akan menjelaskan apa itu tes TOEFL
Tes TOEFL atau Test of English as a Foreign Language adalah ujian kemampuan berbahasa Inggris (logat Amerika) yang diperlukan untuk mendaftar masuk ke universitas di Amerika Serikat atau negara-negara lain di dunia. Termasuk juga salah satu beasiswa bergengsi di Indonesia mensyaratkan TOEFL untuk calon peserta, apalagi kalau bukan LPDP.

Kalai ITP itu apa sih? TOEFL ITP (Institutional Testing Program) merupakan tes yang mengevaluasi kemampuan bahasa Inggris seorang individu yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. TOEFL ITP adalah tes yang menggunakan sistem pilihan ganda (multiple choice).


Bagaimana Cara Tes TOEFL di Pekanbaru?

Beberapa waktu lalu aku sempat mengikuti tes TOEFL sebagai syarat untuk mengajukan beasiswa. Hal pertama yang aku lakukan adalah mencari informasi, dimana tempat yang bisa menguji nilai TOEFL ku.

Setelah searching kesana kesini, jawaban yang kutemukan adalah Language Training Institution (LTI) Pekanbaru. Ada dua cabang LTI, salah satunya di Jalan Rajawali Sakti, Tampan dan yang satunya lagi ada di Jalan A Yani, Pekanbaru.

Aku tak langsung mendaftar, tentu cari-cari info terlebih dahulu. Ternyata LTI ini mengadakan tes TOEFL ITP setiap dua kali dalam satu bulan.


Berapa Harga Tes TOEFL ITP di Pekanbaru?

Harha tes TOEFL ITP bisa dibilang tidak murah. Jadi aku sarankan kamu untuk belajar terlebih dahulu sebelum mengambil tes ini. Sebab jika kemampuan english kamu sekadar speaking tanpa memahami grammar, tidak akan terlalu berguna. Di sini yang diuji grammar.

Jadi daripada menyesal uang melayang dan hasil tes tidak sampai target, mending belajar dulu.

Emang harga tes TOEFL berapa sih? Harga tes TOEFL di Pekanbaru sebanyak Rp 575 ribu. Itu udah termasuk sertifikat dan lain-lain.

Kalau aku, sebelum melakukan pembayaran, terlebih dahulu booking. Karena TOEFL ini dua kali dalam satu bulan, bisa jadi sudah penuh diisi orang lain. Jadi, untuk mengantisipasi hal tersebut, jangan melakukan pendaftaran dekat dengan tanggal ujian.

O ya, biasanya LTI menyediakan jadwal lengkap di website mereka.

Kalau kamu belum punya uang saat booking, kamu nggak dipaksa untuk melakukan pembayaran langsung pada hari itu juga. Ketika booking, hanya akan ditanyai no handphone dan identitas berupa KTP atau pasport. Pembayaran bisa dilakukan maksimal satu minggu sebelum tes berlangsung. Nanti akan diingatkan melalui pesan singkat.

Untuk pembayaran, ku sarankan datang langsung ke kantor LTI. Bukan apa-apa, jika bayar langsung, akan diberikan test taker handbook yang bisa jadi bahan persiapan sebelum ujian. Memang bukunya tipis dan tidak selengkap seperti TOEFL sesungguhnya. Tapi cukuplah buat belajar.

Test taker handbook TOEFL ITP

Kenapa tes TOEFL di Pekanbaru mahal. Menurut aku, itu sebanding juga dengan apa yang didapatkan. Tempat tesnya aja di hotel. Kalau aku kemarin di Prime Park Hotel Jalan Sudirman, Pekanbaru. Katanya ada dua tempatnya, tapi yang satu aku lupa namanya.


Apa yang Diujikan dalam Tes TOEFL?

Yang diujikan dalam tes TOEFL itu hanya tiga hal. Yaitu listening comprehension sebanyak 50 soal, structure and written expression 40 soal dan reading comprrhension 50 soal, dengan wajtu tes selama 115 menit.


Apa yang Harus Dipersiapkan untuk Tes TOEFL ITP

Pertama dan paling utama adalah belajar dengan sungguh-sungguh agar mencapai skor yang diinginkan. Jangan khawatir dapat skor 0, itu tidak mungkin. Meski pun jawaban salah semua, nilai terendah adalah 310. Sedangkan nilai tertinggi adalah 677.

Kedua, jangan lupa bawa pensil 2b, penghapus, rautan dan tisu. Lembar jawabannya sama seperti lembar jawaban saat ujian nasional zamanku dulu, tidak tahu zaman sekarang seperti apa. Kertas selembar nanti dibulat hitamkan pakai pensil 2b. Nanti kertas tersebut akan dimasukkan ke komputer untuk menghitung nilai.

Persiapan TOEFL

Alat-alat tersebut harus dibawa, karena peserta tidak diizinkan meminjam alat kepada orang lain selama tes berlangsung.

Ketiga adalah identitas. Nanti pihak LTI akan mengingatkan dengan mengirimkan SMS agar peserta tidak lupa membawa kartu identitas, alat tulis dan bukti pembayaran. Kartu identitas sangat penting dan jangan sampai tertinggal.


Hari Tes TOEFL

Sebelumnya akan diingatkan untuk datang ke lokasi tes minimal pukul 07.30 WIB. Ketika sampai di sana peserta mengisi absen dan akan diberikam nomor meja beserta student number. Student number ini penting, karena harus dituliskan di lembar jawaban.
Kecil: student number. Besar: admission form

Selanjutanya dalam ruangan tes, ada sekitar 60 meja panjang lengkap dengan kursinya. Satu meja satu kursi, 15 ke belakang, empat ke samping. Tidak ada kesempatan untuk mencontek.

Ruang ujian tes TOEFL di Prime Park Hotel

Sebelum dimuli tes, peserta diberikan arahan dari panitia. Bagaimana mengisi kolom, bagaimana mengisi soal dan tata cara lainnya. Jangan sampai tertinggal di sesi ini, karena menurutku ini penting.

Keryas jawaban tes TOEFL

Tes TOEFL dimulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 11 lewat. Peserta tidak boleh meninggalkan ruangan saat listening comprehension berlangsung dan di lima menit terakhir tes. Selain itu dipersilahkan untuk keluar ruangan dengan waktu maksimal lima menit.

Usai tes, peserta diberikan coffee break. Banyak sekali makanannya. Aku pulang agak terakhir sambil menikmati segelas teh dan kue serta gorengan di sofa hotel. Memilih pulang di akhir dan aku dapat bonusnya. Ada banyak makanan tersisa, sayang jika dilewatkan. Mungkin terkesan norak, tapi aku menghindari mubazir. Jadi kubungkus dan kubawa pulang.

Okey sekian cara tes TOEFL ITP di Pekanbaru. Semoga sukses dan mendapatkan skor yang diinginkan.

No comments:

Post a Comment

Adbox