Cari

cari

Friday, February 7, 2020

HokBen Akhirnya Hadir di Pekanbaru



Mencoba makanan di HokBen Pekanbaru
Ketika mendengar kata HokBen, semuanya pasti langsung teringat dengan Hoka-Hoka Bento. Memang benar sekali, jika restoran dengan menu ala Jepang ini dulunya bernama Hoka-Hoka Bento.

Kabar gembira untuk kita semua, pasalnya sekarang kita sudah bisa mencicipi HokBen di Pekanbaru, jadi tidak perlu keluar kota dulu untuk mencoba lezatnya masakan Jepang dari HokBen. Pada 30 Januari lalu, HokBen resmi membuka outlet di Mal Living World Pekanbaru.

Untuk teman-teman semua ketahui, meskipun HokBen ini menawarkan makanan Jepang, tapi HokBen ini asli Indonesia punya. Outlet yang di Pekanbaru ini adalah outlet ke-170 dari HokBen se Indonesia.

Sebenarnya aku juga jarang sih makan makanan Jepang, kalau sering nonton film Korea atau anime Jepang pasti kerap melihat adegan di kantin sekolah yang bawa nampan sambil mengantre bergiliran menunggu makanan. Yup, di HokBen juga seperti itu, kita membawa nampan sendiri lalu memilih pesanan dan makanan satu per satu akan diletakkan di nampan kita.
Menu-menunya juga bervariasi, aku tidak ingat satu persatu, tetapi ada ekkado, tori no teba, egg chicken roll, ebi furai, kani roll, beef/chicken teriyaki, yakiniku dan ada set menu HokBen seperti bento special, paket ABCD dan simple set teriyaki.

Kalau aku sendiri memesan yang paket-paket, namanya juga pertama kali norak dikit wajar dong, sebenarnya nggak juga sih. Paket C itu ada shrimp roll, tori ball, beef teriyaki dan nasi. Tambahan,  susu Milo terus pakai juga bubur kacang merah dan tahu bakso pakai kuah. Aku nggak tahu itu yang mana, bacanya aja lidah udah keserimpet.

Salah satu menu di HokBen Pekanbaru
Meskipun semua makanan adalah makanan Jepang, tapi HokBen sudah mengantoki sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Untuk teman-teman muslim tidak usah khawatir karena HokBen terjamin kehalalannya.

Nah bagaimana masalah harga di HokBen, kalau belum pernah kayak aku ya rada ragu juga kan kalau mampir terus uangnya tidak cukup. Tapi tenang aja, sama seperti kebanyakan restoran lainnya, HokBen juga menunjukkan daftar harga lengkap dengan foto makanannya, sehingga pelanggan bisa menyesuaikan dengan budget.

Kalau paket set seperti value set, favorite set, premium set dan premium set seafood itu harganya berkisar antara Rp28 ribu sampai Rp54 ribu (Harganya aku bulatin biar tidak sakit mata). Sedangkan untuk bento special dari 1-4 harga berkisar Rp50 ribu – Rp55 ribu. Lalu untuk paket ABCD mulai dari Rp47 ribu – Rp42 ribu. Kemudian kidzu bento sekitar Rp34 ribu.

Yang namanya makanan ala Jepang tentu pakai sumpit ya, aku sedikit kesulitan sih kalau pakai sumpit, tapi juga disediakan sendok untuk alat bantu, meskipun tidak ada garpu.

Untuk teman-teman yang ingin mencicipi menu HokBen, outlet baru ini sedang banyak promo lho. Seperti hadiah payung di tanggal 30 Januari dan 28 Februari 2020 (setiap pembelian dua bento spesial), voucher makan setahun pada 31 Januari 2020 (pembelian dua bento spesial), t-shirt pada 1 Februari 2020 (pembelian dua bento spesial), gratis dessert/drink pada 3-13 Februari 2020 (minimal transaksi Rp100 ribu setiap hari Senin-Kamis), bantal pada 7-14 Februari 2020 (pembelian dua bento spesial), dan gratis mug pada 27 Februari 2020 (pembelian dua bento spesial).

Ada juga spesial price ABCD yaitu pembelian paket A+B+2 Aqua/paket C+D+2 teh botol Sosro dengan harga yang semula Rp118 ribu menjadi Rp98 ribu, ini untuk 17-27 Februari 2020 setiap hari Senin-Kamis. Semua paket-paket tersebut khusus untuk makan di tempat ya, kalau dibawa pulang nggak dapat.


HokBen Ramah Lingkungan

Kita semua tahu jika sampah plastik menuai banyak masalah terhadap lingkungan. Untuk itu HokBen menerapkan useless plastic. Jadi jangan berharap menemukan sedotan plastik di HokBen ya, karena minumnya langsung dari gelas tanpa perantara sedotan. Kampanye ini sudah dilakukan HokBen seja 1 Agustus 2019 lalu.

Tak hanya itu, HokBen juga menyarankan pembeli yang ingin membawa pulang makanan (take away) untuk membawa kotak makanan dan tumblr sendiri dari rumah. Hal ini adalah salah satu cara untuk mengurangi plastik ala HokBen, tapi bukan berarti HokBen tidak menyediakan wadah untuk dibawa pulang ya, kasihan dong Babang Ojol kalau pesan nanti.

Kilas Balik Hokben

Bapak Sugiri Wilim (Wakil Direktur Operasional PT. Eka Bogainti) saat pembukaan HokBen di Pekanbaru. 

HokBen berdiri pada tahun 1985, pertama kali namanya adalah Hoka-Hoka Bento di Jakarta di bawah lisensi dari PT Eka Bogainti. Kemudian HokBen semakin melebarkan sayapnya di Bandung pada tahun 1990, kemudian pada tahun 2005 Hokben membuka gerai pertama di Surabaya, Jawa Timur lalu semakin becabang-cabang. Nah pada tahun 2013, Hoka-Hoka Bento melakukan peremajaan dan pembaharuan logo (rebranding) menjadi HokBen.

 Ibu Kartina Mangisi (Communications Manager) saat pembukaan HokBen di Pekanbaru
Setelah menyebar di seluruh Pulau Jawa, HokBen pertama kali hadir di Sumatra yaitu di Kota Bandar Lampung pada tahun 2018, berlokasi di Mall Boemi Kedaton. Lalu di akhir Agustus 2019, HokBen membuka outlet lagi di Kota Palembang, kemudian Medan hingga Pekanbaru.

Bapak Waluyo (Store Manager HokBen Living World Pekanbaru) saat pembukaan HokBen di Mal Living World



Logo HokBen

Perubahan logo dari Hoka-Hoka Bento menjadi HokBen
Ada dua maskot dalam logo HokBen, sosok bocah laki-laki dan bocah perempuan, yaitu Taro dan Hanako. Taro digambarkan sebagai anak laki-laki yang ramah dan memiliki rasa ingin tahu tinggi, senang berpetualang dan mengeksplor temapt-tempat baru untuk dikunjungi. Sementara Hanako adalah anak perempuan pendiam, rajin, patuh dan taat aturan. Hanako juga seseorang anak yang sangat peduli dengan Taro, mereka bermain dan berpetualang bersama serta mencari tahu berbagai tempat baru bersama.

Desain Outlet HokBen

Salah satu dinding di outlet HokBen Pekanbaru
Warna-warni dinding outlet HokBen di dominasi oleh warna oranye. Terdapat motif-motif atau simbol seperi batik yang ternyata memiliki filosofi tersendiri.

Makna simbol-simbol di dinding HokBen
Simbol  parent and kid, mengambarkan kasih sayang orang tua kepada anaknya. Simbol ini dipilih karena HokBen adalah restoran yang cocok untuk keluarga karena menyajikan makanan lezat dan bergizi.

Welcoming hello, simbol ini menggambarkan orang yang sedang melambaikan tangan, maknanya Hokben selalu menerima dengan ramah pelanggan yang datang ke HokBen.

Friendship, sama seperti artinya yaitu hubunga persahabatan. Simbol ini menunjukkan jika HokBen merupakan tempat yang pas untuk menghabiskan waktu bersama sahabat sambil menikmati hidangan lezat.

Selanjutnya simbol respect, dari polanya saja memperlihatkan orang yang sedang membungkuk memberikan salam seperti dalam budaya Jepang. Ini adalah penghormatan kepada orang lain, dalam hal ini pelanggan.

Simbol pride, artinya kebanggaan. Maksdunya adalah kebanggan menjadi bagain dari keluarga besar HokBen yang keredibilitasnya terjaga dengan baik dan menjadi brand yang dipercaya pelanggan serta tak terlupakan bagi seluruh keluarga.

Itu dia sekilas tentang HokBen, silahkan datang dan mencoba bersama orang-orang tersayang, baik keluarga, sahabat, teman, pacar hingga mantan.

Bersama Blogger Pekanbaru saat pembukaan HokBen di Pekanbaru (30 Januari 2020)


2 comments:

Adbox