Wednesday, June 24, 2020

Persiapan Penting Sebelum Nonton Konser

Konser Virgoun saat Festival Lampion Pekanbaru


Sebelum aku bahas tentang persiapan penting sebelum nonton konser, Sebenarnya apa sih yang kita cari saat nonton konser? Mungkin banyak yang mikir, jika lebih baik nonton di rumah atau melalui Youtube dan bisa melihat idola kita lebih jelas. Eits, jangan salah. Nonton konser punya feel berbeda lo. 

Tujuannya, tentu pasti pengen senang-senang, bisa bernyanyi bersama dengan artisnya, syukur-syukur bisa jabat tangan atau foto bareng. Itu kan nggak bisa dilakukan secara daring. Hahaha.Tulisan persiapan pentung sebelum nonton konser ini murni pengalaman pribadi aku selama nonton konser artis nasional. Jangan tanya artis internasional apalagi artis K-Pop, soalnya aku belum pernah nonton yang begituan. Tapi setidaknya, ini bisa menjadi referensi bagi Kamu yang akan menonton konser idola Kamu.

Foto bareng Virgoun


Dan yang terpenting adalah....

Hafal Lagu

Aku letakkan, poin ini di urutan teratas. Karena inti dari senang-senang saat nonton konser adalah nyanyi bareng sama penonton lain dan sama artisnya. Kalau Kamu nggak hafal, otomatis akan plonga-plongo, ending-nya ya nggak betah alias pengen pulang. Ya minimal Kamu tahu lagu artisnya yang nge-hit, atau ref-nya sedikit-sedikit.

Aku pernah nonton konser Fiersa Besari, Slank, Budi Doremi, Virgoun, dan Didi Kempot. Karena sebagian besar adalah tugas liputan tentu tidak semua penyanyi aku tahu lagu-lagunya. Konser Fiersa Besari, dulu aku nggak tahu lagu dia sama sekali, alhasil ya aku plonga-plongo. Semua orang semangat nyanyi bareng, hanya aku sendiri yang terdiam, merana, merenung, dan mencoba menerima. Meskipun dalam hati rasanya pengen pulang.

Konser Slank apalagi, aku bukan Slankers, nggak paham lagu-lagunya, itu datang cuma nemenin teman. Akhirnya setengah jam langsung pulang. Dari situ akhirnya aku belajar, setidaknya harus tahu sedikit lagu-lagu dari artis yang akan konser. Alhamdulillah, konser Budi Doremi dan Virgoun lumayan banyak lagu yang hafal, jadi bisa have fun, dan betah mantengin panggung.

Lalu, konsernya Didi Kempot. Itu konser terakhir dia hadir di hadapan Sobat Ambyar sebelum beliau meninggal. Aku hanya tahu lagu Didi Kempot itu yang zaman dahulu, seperti Cucak Rowo, Stasiun Balapan, dan lain-lain. Tapi karena dia udah banyak ciptakan lagu baru, dan belajar dari pengalaman nonton konser sebelumnya, akhirnya aku putuskan buat menghafalkan lagu-lagu Didi Kempot, setidaknya yang paling terkenal, dan pasti dinyanyikan saat konser. Persiapan buat menghafalkan lagu Didi Kempot pun berhari-hari, setiap hari putar semua lagu Didi Kempot yang terkenal. Alhasil, aku bisa menikmati konser dengan sempurna, tidak ada lagi kisah sedih seperti saat nonton konser Fiersa Besari dan Slank.

Selanjutnya persiapan khusus

Sehat

Ya ini jelas lah, jangan sampai Kamu ambruk saat semuanya lagi asik joget. Bisa geger nanti satu gedung.

Bawa Tas Aman

Usahakan jangan bawa tas punggung. Meskipun nyaman dipakai, tapi tas punggung tidak aman. Karena Kamu tidak bisa selalu mengawasi punggungmu. Ingat, kejahatan ada karena kesempatan. Kalau pun nanti tetap bawa tas punggung, letak tasnya di depan, jadinya tas perut.

Sangat disarankan memakai tas samping, waist bag, dan sejenisnya. Atau tas-tas yang bisa diawasi setiap saat.

Yah, itu kira-kira, beberapa hal penting yang harus dipersiapkan sebelum nonton konser. Kalau kurang lengkap, silahkan cek laman sebelah. Jangan lupa nikmati sebisa mungkin setiap konser yang didatangi. Jika tidak nyaman, pulang saja.

Suatu saat nanti, aku juga pengen bisa nonton konser-konser tidak di Pekanbaru saja. Semoga nanti aku bisa nonton grup band favoritku, Day6.

No comments:

Post a Comment