Saturday, June 26, 2021

Cara Mengatasi Adsense Tidak Aktif Selama Lima Bulan Terakhir

 


Mau cerita dan berbagi pengalama yang gais, khususnya terkait AdSense tidak aktif selama lima bulan terakhir. Aku mendapatkan email terkait tidak aktifnya AdSense di akhir 2020 lalu.

Setidaknya, jika teman-teman mencari tulisan terkait hal ini aku bisa sedikit berbagi pengalaman dan berbagi cara mengatasi AdSense tidak aktif selama lima bulan terakhir.

Awalnya, aku  lolos pengajuan adsense di tahun 2018 lalu. Semua unit iklan kupasang otomatis. Beberapa waktu kemudian,timbul permasalahan dimana iklan yang tampil hanya berupa gambar kosong atau hitam, tidak muncul gambar sama sekali.

Selang beberapa lama aku mendapatkan email dari Google, bunyinya seperti ini.

Penayang yang terhormat

Kami mendapati akun Adsense Anda pub xxxx sudah tidak aktif selama lima bulan terakhir. Jika tidak menghasilkan tayangan iklan apa pun dalam 30 hari berikutnya, akun akan disetel ulang dan Anda akan diminta menghubungkan situs Anda ke Adsense sebelum iklan dapat ditayangkan.

Jika akun Anda menghasilkan tayangna dalam 30 hari berikutnya, kami tidak akan melakukan perubahan terhadap akun Anda. Untuk mulai menayangkan iklan, buat unit iklan AdSense di akun Anda dan pasang iklan di situs Anda.

Panik nggak? Panik lah masak enggak.

Awalnya aku hanya membiarkan saja karena tidak tahu bagaimana cara memperbaikinya. Aku juga sempat menanyakan ke teman-teman sesama blogger, namun tidak mendapatkan solusi. Bahkan aku juga memberikan akun dan password kepada salah seorang temanku yang juga blogger, tapi tidak berhasil.

Aku menyerah, tapi entah mengapa beberapa waktu lalu aku mulai tersadar, jika terus seperti ini akan sangat disayangkan, susah-susah dulu aku mendaftar AdSense tapi malah disia-siakan. Aku amatir sama masalah-masalah seperti ini. lihat kode html saja sudah puyeng rasanya.

Akhirnya, dengan mengumpulkan niat aku mulai searching di Google dengan berbagai macam keyword, menonton video tutorial di Youtube, dan lain-lain. Bahkan aku rela meninggalkan drakor kesukaan untuk sementara waktu demi memperbaiki blog.

Aku juga mengajukan permohonan ulang ke Google namun tidak mendapatkan balasan yang menggembirakan.

Status permohonan Anda

Terima kasih atas minat Anda pada AdSense. Setelah melakukan peninjauan, staf kami menyimpulkan bahwa permohonan Anda tidak memenuhi kriteria program kami. Oleh karena itu, kami tidak dapat menerima Anda untuk berpartisipasi dalam program kami.

Ya, itu balasan yang aku dapatkan dari Tim Google AdSense.

Setelah berbulan-bulan akun AdSense mangkrak, akhirnya aku menemukan jawabannya di situs helmykediri.com. Dari situs ini mulai muncul titik terang.

Cara Mengatasi Adsense Tidak Aktif Selama Lima Bulan Terakhir

Pertama, aku mencoba melakukan pengecekan, apakah ada link yang rusak (broken link) di tulisan-tulisan yang pernah aku publikasikan di blog. Cara mengeceknya juga cukup mudah, ada situs-situs tertentu yang bisa melakukan pengecekan link rusak. Kalau aku pakai Brokenlinkcheck.com.

Ternyata, sangat banyak link-link rusak di blog ku. Link rusak kebanyakan berasal dari komentar-komentar pembaca yang menggunakan akun unknown. Aku harus merelakan menghapus komentar tersebut, padahal ada sebagian komentar yang sayang untuk dihapus permanen. Tapi tak apa, demi AdSense yang nggak seberapa.

Link rusak juga datang dari beberapa backlink yang sudah tidak bisa diakses, alias situsnya hilang atau berganti nama. Misalnya aku pernah menuliskan link di salah satu tulisan yang tertaut ke situs aaa.com, namun ternyata situs itu sudah berganti. Tinggal di hapus link-nya, atau ganti dengan link yang aktif.

Cara mengatasi Adsense tidak aktif selama lima bulan terakhir selanjutnya adalah memastikan situs kita dapat diakses dengan lancar, baik menggunakan www atau pun non www, mulai http atau pun https semuanya telah di-setting untuk redirect otomatis.

Ternyata oh ternyata, blog ku tidak ter-direct otomatis. Jadi langsung saja ke setelan Blogger, kemudian dibagian HTTPS pastikan pada Ketersediaan HTTPS tertulis Status: Tersedia dan Pada Pengalihan HTTPS tertulis memastikan kunjungan ke HTTP dialihkan ke HTTPS.

Setelah semua itu aku lakukan, aku mendaftarkan kembali situs untuk dapat menayangkan iklan AdSense, alias meminta peninjauan ulang. Kira-kira sekitar satu hari lebih baru mendapatkan balasan dari Tim Google AdSense.

Pesan balasan dari tim seperti ini,

Selamat! Situs Anda sudah bisa menampilkan iklan AdSense dan mulai menghasilkan uang.

Setelah itu tinggal masukkan kembali kode AdSense ke template Blogger, lalu atur tata letak unit iklan.

Kira-kira itu saja pengalamanku, semoga bermanfaat untuk teman-teman yang mengalami permasalahan serupa. Memang benar apa kata orang, masalah akan membuat kita semakin berkembang.

No comments:

Post a Comment