Friday, June 25, 2021

Manfaat Eco Enzyme dalam Kehidupan Sehari-Hari

Tong untuk fermentasi eco enzyme (DLHK Riau)


Di tulisanku kali ini aku akan membahas terkait manfaat eco enzyme dalam kehidupan sehari-hari. Apa itu eco enzymee? Limbah dapur organik, yaitu ampas buah dan sayuran, yang kemudian difermentasikan, itulah eco enzyme. Lalu apa manfaat eco enzymedalam kehidupan sehari-hari?

Ternyata ada banyak sekali manfaat terkai eco enzyme ini, tak salah ciptaan Tuhan meskipun sudah menjadi limbah atau sampah tetap saja bisa diambil manfaatnya.

Manfaat dari eco enzym euntuk kehidupan sehari-hari, di antaranya adalah sebagai pupuk tanaman, pengharum  ruangan, penetral udara, anti radiasi, juga bisa menjadi cairan tambahan untuk membersihkan piring dan pakaian,  penjernih air, untuk kecantikan serta kesehatan

Bahan organik yang bisa digunakan untuk membuat eco enzyme adalah sisa sayuran dan  buah-buahan, seperti kulit nenas, kulit jeruk, kulit mangga, dan lain-lain. Buah-buahan seperti salak, durian, dan alpukat sangat tidak direkomendasikan untuk pembuatan eco enzymee.

 

Bahan untuk Membuat Eco enzymee

Mencuci bahan-bahan organik sebelum difermentasikan

Pembuatan eco enzyme ini khusus untuk penggunaan 1 kg molase. Jika ingin membuat lebih dari ini, tinggal mengalikan saja. Rumus  (1:3:10)

1 kg gula merah yang dicairkan (molase)

3 kg bahan organik

10 liter air

Wadah  (ember bekas cat 25 kg)

Cara pembuatan

Cuci bersih bahan organik

Cacah hingga kecil-kecil

Siapkan  molase

Masukkan bahan organik tersebut ke dalam wadah dan campur dengan  molase.

Tutup wadah dengan rapat.

Tungguh hingga tiga bulan.

Panen

Setelah tiga bulan, pisahkan antara ampas dengan cairan eco enzyme. Baik ampas maupun cairannya bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Dalam proses fermentase ini, tidak menutup kemungkinan ulat atau belatung akan muncul.  Untuk mengatasi hal ini, bisa dilakukan dengan menambahkan molase, lalu tutup wadah dengan rapat, setealh itu jemur wadah tersebut. Ulat akan hancur oleh proses fermentasi lanjutan.

Manfaat untuk Kecantikan

Biasanya, setelah satu minggu dari hari pertama fermentasi, akan muncul jamur yang disebut dengan jamur pitera. Jamur ini bisa dimanfaatkan untuk kecantikan. Cara penggunaannya juga cukup mudah, jamur tinggal diambil menggunakan sendok. Setealah itu, masukkan ke dalam wadah lain. Jamur pitera ini bisa langsung dioleskan ke wajah selama beberapa menit.

Sayangnya, jamur pitera tidak bisa bertahan lama, tetapi bisa bertahan selama lima hari jika disimpan di dalam kulkas.

Sebagai catatan, jika berencana memanfaatkan eco enzyme untuk kecantikan sebaikanya pilih ampas dari bauh-buahan, seperti kulit nenas, kulit jeruk, kulit mangga, dan lain-lain.

Hindari, bahan organik seperti cabai jika berencana memanfaatkan eco enzyme untuk kecantikan.

Membersihkan  Sayuran

Eco enzyme juga sangat direkomendasikan utnuk membersihkan sayuran sebelum dimasak, atau buah-buahan sebelum dikonsumsi. Sifat eco enzymeyang bisa menetralisir pestisida, logam berat, lilin, dan sel parasit, akan membuat sayur dan buah-buahan menjadi lebih bersih.

Cara pemakainannya juga cukup mudah. Untuk satu liter air bilas, bisa dicampur dengan dua sendok eco enzyme.

Pewangi Ruangan dan Pupuk tanaman

Eco enzyme yang terbuat dari ampas buah-buahan  bisa dimanfaatkan untuk pewangi ruangan. Setelah tiga bulan, pisahkan ampas dengan cairan. Peras ampas lalu masukkan ke dalam jaring pembungkus buah atau kain. Ampas tersebut tinggal digantungkan di ruangan, atau bisa juga digunakan sebagai pupuk untuk tanaman.

Membersihkan Parit

Eco enzyme juga sangat bagus untuk emmperbaiki kualitas air parit dan sungai di sekitar tempat tinggal. Bahkan air sisa bilasan dari eco enzyme jika mengalir ke dalam parit juga akan memberikan efek yang positif karena pada dasarnya eco enzyme mampu mengembalikan biota air menjadi lebih baik.

Eco enzyme mampu mengurai sampah-sampah rumah tangga di dalam parit, mulai dari detergen, oli, dan minyak-minyak yang menyebabkan pendangkalan parit. Tentunya hal ini bisa dilaksanakan jika masyarakat secara kompak memanfaatkan eco enzymee.

Nah, jika ingin  memanfaatkan eco enzymeuntuk menjernihkan air bisa menggunakan bahan  organik dari sisa sayuran dan buah-buahan kecuali yang telah disebutkan sebelumnya.

Sebagai informasi, 1 liter eco enzymebisa memperbaiki kulitas air 50 ribu hingga 100 ribu liter air.

Manfaat untuk Kesehatan

Jika ingin memanfaatkan eco enzyme untuk kesehatan, maka bisa melakukannya dengan fermentasi yang lebih lama. Semakin lama fermentasi, maka hasilnya akan lebih baik. Dianjurkan fermentasi selama lebih dari enam bulan.

Eco enzyme bisa mempercepat penyembuhan luka luar, caranya tinggal semprotkan eco enzyme ke luka atau borok. Penggunaan eco enzyme dapat mempercepat penyembuhan luka  luar.

Itu dia, manfaat eco enzyme dalam kehidupan sehari-hari. Tulisan ini ditulis berdasarkan wawancara dengan Pengendali Dampak Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutan Provinsi Riau Isra’ dan Staf Peningkatan Kapasitas Dinas LHK  Zuryati.

1 comment:

  1. Mantab sekali Kaka, sangat bermanfaat.. teruskan menulis yang seperti ini ya kak sangat bermanfaat

    ReplyDelete