Sunday, May 1, 2022

Resep Sate Daging Sapi Sederhana, Enak, Nggak Pakai Ribet

Sate daging sapi

Ini sate aku bikin H-1 Idulfitri karena lagi gabut dan nggak tahu mau ngapain. Karena aku bukan orang yang pandai masak, tapi aku cukup berpengalaman dalam kegagalan, akhirnya aku menemukan resep sate daging sapi sederhana, enak, nggak pakai ribet. Bisa diterapkan siapa saja.

Sedikit mau cerita, setiap hari raya baik Iduladha ataupun Idulfitri, aku nggak pernah absen bikin sate daging sapi. Yah meskipun rasanya nggak pernah enak, mulai dari dagingnya alot, rasa yang aneh dan lain-lain.

Ada banyak resep di buku resep, ada juga di Youtube, hingga artikel-artikel online. Namun, mungkin karena aku tidak pandai dalam mengolah tetap saja hasilnya tidak memuaskan.

Dulu aku kalau mau nyate memang selalu direbus, dalam pikiran biar daging lebih empuk. Nyatanya, ini justru salah besar. Daging yang direbus terlebih dahulu ternyata malah menambah alot teksturnya. Alhasil saat mengunyah harus ekstra, dan berakhir aku yang menghabiskan satenya sendirian.

Resep sate daging sapi sederhana, enak, dan nggak pakai ribet ini aku temukan setelah sekian lama gagal dan terus mencari di Google. Meskipun nggak sama persis dengan yang ditulis di artikel.

Entah mengapa di suatu Hari Raya Iduladha, teman-temanku tidak ada yang mau membuat bumbu dan memasrahkan semuanya kepadaku. Dengan kepercayaan diri yang dibuat-buat, aku menyetujui. Untung saja aku tidak terlalu gagal dan temen-temenku mengatakan rasanya sangat enak dan lembut.

Oke, nggak perlu panjang lebar, ini bahan-bahannya:
1. Daging sapi 1kg, boleh lebih tinggal sesuaikan saja.
2. Bumbu yang dihaluskan. Ini terdiri dari 8 siung bawang putih, 8 bawang merah, dan 2 sdm ketumbar, dan 1 sdt garam. Haluskan semua pakai ulek atau blender. Kalau sudah diulek campurkan dengan kecap manis secukupnya.
3. Daun pepaya 4 lembar atau secukupnya.

Lanjut...
1. Potong kecil-kecil daging sapi sesuai selera.
2. Cuci bersih.
3. Campur dengan bumbu yang sudah dihaluskan dan dikasih kecap tadi.
4. Kalau sudah dicampur, bungkus daging nomor 3 dengan daun pepaya, sampai semua terselimuti dengan baik.
5. Diamkan sampai 2 jam.
6. Tusuk-tusuk dengan tusuk sate.
7. Sate siap dibakar.

sate daging sapi

Selama membakar sate, bolak-balik biar panasnya merata. Sesekali dilumuri dengan kecap manis dan saos yang sudah dicampur dengan minyak goreng, atau cukup minyak goreng saja. Kuas sederhana bisa dibikin dengan menggunakan serai.

Dah gitu doang. Aku buat rasanya cukup enak dan nggak alot alias keras. Demikian resep sate daging sapi sederhana, enak, nggak pakai ribet dari aku. Semoga bermanfaat. Selamat menikmati sate yang lezat.

Sate daging sapi

Untuk bumbu cocolnya aku nggak tahu mana yang enak, cuma itu bakar-bakar buat senang-senang aja. Jadi makan sate sapi kurban, sate doang nggak pakai apa-apa. Paling pakai sambel kacang yang resepnya dibikin sama temanku. Jadi aku belum bisa berbagi untuk hal itu.

Kalau Kamu punya resep yang lezat dan keren boleh berbagi cerita di kolom komentar. Kalau berhasil bikin boleh juga share pengalamannya.

Sebagai tambahan, untuk minuman paling lezat sate sampa Fanta Susu, Coca Cola, dan es teh.

Minal aizin wal faizin mohon maaf lahir dan batin


No comments:

Post a Comment