Monday, July 11, 2022

Wisata Liburan Keluarga Tirta Sari di Tilatang Kamang, Bukittinggi

 

Taman Tirtasari, Tilatang Kamang

Bukittinggi merupakan kota wisata di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Mendengar kata Bukittinggi, ingatan pasti lengsung mengarah ke Jam Gadang yang merupakan ikon Kota Bukittinggi. Namun di tulisan kali ini aku akan membahas salah satu objek wisata liburan keluarga yang tak jauh dari Bukittinggi yaitu Tirtasari. 

Jika punya banyak waktu di  Bukittinggi dan menikmati wisata lain yang tak kalah menarik, Objek Wisata Taman Tirtasari bisa menjadi salah satu pilihan. 

Taman Tirtasari ini berada di daerah Jorong Sonsang, Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Provinsi Sumbar. Jika dari Bukittinggi hanya perlu waktu sekitar 30 menit. 

Kamang memang terkenal dengan pemandangan alamnya yang memukau. Hamparan padi di sawah yang menguning, hingga pemandangan Bukit Barisan yang gagah. 

Di sepanjang jalan menuju Tirtasari, angin dingin menerpa dan menyejukkan di bawah terik matahari. Aku pergi ke sana bersama sobatku Laras saat berlibur ke rumah nenek Laras yang berada di Kamang Mudik. 

Jika dari Kamang Mudik hanya perlu waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke objek wisata Tirtasari. 

Sesampainya di sana, kami langsung memarkirkan sepeda motor. Di objek wisata Taman Tirtasari ini tidak dikenakan biaya apapun untuk masuk, tetapi disedikan kotak, di lokasi parkir dan pengunjung bisa membayar seikhlasnya. 

Saat itu, kami datang sekitar pukul 11.00 WIB, cukup terik di hari itu. Setiba di sana kami lebih memilih untuk mengisi perut sebelum berkeliling. Kami memesan pensi, yaitu masakan kerang air tawar, harganya Rp5 ribu saja. Cukup murah untuk daerah wisata. 

Menu selanjutnya yaitu kerupuk mi. Kerupuk mi yaitu kerupuk berukuran lebar yang diatasnya diberi mi, atau kuah sate. Rasanya sangat enak. Harganya juga tidak berbeda dengan harga pensi. Kami juga memesan teh tarik untuk melegakan tenggorokan di siang itu.

Pensi dan Kerupuk mi

Ada banyak hal yang bisa dilakukan di objek wisata Taman Tirtasari ini, seperti naik wahana bebek air, memberi makan ikan, naik ke atas Bukit Sonsang, berfoto di rumah hobit, rumah pohon, atau sekadar melamun di tepi danau sambil menikmati ciki-ciki. 

Kalau aku? aku di objek wisata Taman Tirtasari ini lebih memilih untuk berkeliling, berfoto, dan melamun saja. Rasa magerku masih cukup besar dibandingkan keinginan menikmati semua wahana.

Taman Tirtasari, Tilatang Kamang

Satu hal yang kusukai di Sumbar saat berwisata adalah fasilitas ibadah yang lengkap. Di Taman Tirtasari ini, tak perlu mencari masjid untuk salat lima waktu, sudah disediakan musala lengkap dengan mukena, serta fasilitas lainnya. 

Satu hal yang ingin kulakukan tapi mager melaksanakannya yaitu mendaki Bukit Sonsang. Kata Laras dari atas bukit, pemandangan akan sangat cantik. Namun, kaki-kakiku memprotes untuk naik ke atas sana, mengingat pasti perlu effort yang lebih saat turun.

Bukit Sonsang

Selain itu, di Kamang juga cukup banyak homestay untuk menginap. Jika ingin menikmati waktu lebih banyak di Kamang, tidak ada salahnya juga untuk menginap di homestay. Bayangkan saja, bangun pagi di wilayah pedesaan, lalu jogging di pagi hari di jalanan dengan hamparan sawah dan bukit-bukit yang membentang. 

Jika bingung dengan lokasinya, menggunakan Map adalah cara paling baik. Saat kami ke sana, kami juga memakai Map, dan alhamdulillah tidak tersesat dan dibawa ke jalan yang benar. 

Jika ke Sumbar atau ke Bukittinggi, jangan lupa luangkan waktu untuk berkunjung ke Kamang.

Spot leijen wisata Indonesia


No comments:

Post a Comment