Tuesday, August 23, 2022

Cara Perpanjang SIM Online di Kota Pekanbaru

SIM yang baru diperpanjang

Duh, tinggal beberapa hari lagi Surat Izin Mengemudi (SIM) punyaku habis masa berlaku. Cari-cari deh cara perpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) Online di Kota Pekanbaru. Awalnya aku juga bingung gimana caranya perpanjang SIM online, apalagi aku tinggal tidak di daerah di mana aku membuat SIM dulu.

Sebelumnya, aku membuat SIM di Kota Tembilahan pada 2017 lalu, 2022 ini genap lima tahun, jadi mau nggak mau harus diperpanjang. Kemarin sempat minta bantuan teman untuk mengurus ini itu nya, tapi kata dia lebih mudah jika memperpanjang SIM secara online.

Persiapan Perpanjang SIM Online

Aplikasi Digital Korlantas

Aplikasi Digital Korlantas

Aplikasi yang harus dan wajib diunduh adalah aplikasi Digital Korlantas. Dari aplikasi  ini nanti kita bisa mengunduh dua aplikasi lainnya untuk keperluan tes psikologi (ePPsi) dan tes kesehatan (e-Rikkes).

Aplikasi Digital Korlantas digunakan untuk melakukan perpanjang SIM online. Di sini tinggal memasukkan NIK, foto KTP, SIM, dan data-data lainnya. Nanti, kita akan diminta hasil psikotes yang bisa didapatkan melalui aplikasi ePPsi, serta hasil cek kesehatan dari aplikasi e-Rikkes.

Perpanjangan SIM online ini tidak dapat diwakili oleh siapapun, karena di beberapa situasi kita diminta untuk menunjukkan wajah dan sistem akan mengidentifikasi apakah itu benar-benar pemilik NIK atau tidak.

Aplikasi ePPsi

Aplikasi ePPsi dapat diakses melalui Aplikasi Digital Korlantas. Caranya, klik menu SIM, lalu pilih thumbnail ePPsi. Aplikasi ini digunakan untuk psikotes. Sebelum tes harus membeli voucher seharga Rp37.500. Pembelian juga dilakukan menggunakan aplikasi ePPsi, yang kemudian dibayar dengan virtual account BNI.

Soal psikotes ePPsi ada 100 butir tentang tes kepribadian. Ada pilihan STS (sangat tidak setuju), TS (tidak setuju), ATS (ragu-ragu), dan S (setuju) serta SS (sangat setuju), kita diberi waktu sekitar 30 menit untuk menyelesaikan. Selanjutnya yaitu soal tes kecermatan terdiri dari 10 tabel dengan 45 soal per tabel. Diberikan kunci dan angka-angka, kita tinggal mencari angka yang tidak ada pada tabel di setiap nomor. Jika pengen belajar dulu bisa dilihat di Youtube ya. Ini tidak dapat diwakilkan karena meskipun online, sebelum masuk ada identifikasi wajah terlebih dahulu.

Setelah semua soal selesai, dan dinyatakan Memenuhi Syarat, silahkan kembali ke aplikasi Digital Korlantas, klik menu transaksi, maka secara otomatis data di aplikasi Digital Korlantas akan langsung berubah, atau tinggal di-refresh saja.

Aplikasi e-Rikkes

Aplikasi e-Rikkes untuk mengecek riwayat kesehatan. Sama dengan ePPsi, aplikasi e-Rikkes juga diakses melalui aplikasi Digital Korlantas. Pilih SIM, klik thumbnail e-Rikkes. Setelah itu, masukkan semua data-data yang diperlukan, lalu ajukan booking untuk bertemu dengan dokter. Kita bisa memilih faskes yang diinginkan sesuai dengan list yang tersedia di aplikasi tersebut. Lalu, datang ke faskes untuk cek kesehatan secara langsung.

Baris ke-3 e-Rikkes dan e-PPsi

Aku membuat SIM online di Kota Pekanbaru, dan di aplikasi e-Rikkes aku memilih Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru di Jalan Sudirman. Jika sudah mem-booking di e-Rikkes, tidak perlu lagi mengambil antrean di MPP, tinggal datang langsung faskes pelayanan.

Sesampai di sana, dokter yang bertugas akan menanyakan terkait riwayat kesehatan kita dan tes buta warna. Biaya cek kesehatan yaitu Rp35 ribu.

Jika sudah selesai mengecek kesehatan, silahkan kembali ke aplikasi Digital Korlantas, klik transaksi, secara otomatis data di Digital Korlantas juga akan langsung terisi. Tinggal klik langkah-langkah selanjutnya, hingga di tahap akhir melakukan pembayaran sebesar Rp100 ribu dan ditransfer ke virtual account BNI yang tertera.

Setelah itu, tinggal menunggu SIM jadi. Nanti akan diberi notifikasi melalui email. Kita juga bisa memilih apakah ingin diambil sendiri, diantar ke alamat, atau diwakilkan.

Kalau aku, lebih memilih untuk mengambil sendiri di Satpas Polresta Pekanbaru yang berada di Rumbai.

Menurutku, proses perpanjang SIM online ini cukup mudah. Namun, ada beberapa hal yang sangat menyebalkan saat mengakses tiga aplikasi tersebut. Perpanjang SIM Online di aplikasi Digital Korlantas misalnya, saat hendak mengunggah data-data (KTP, SIM, pas foto) berulang kali aplikasi tidak merespons dan mengulang lagi. Tapi ini bisa diakali dengan memotret data secara langsung dari aplikasi Digital Korlantas, atau pastikan data yang akan diunggah berada di beranda file.

Aplikasi ePPsi untuk membuat SIM online. Ini yang paling menyebalkan, saat tes berlangsung berulang kali halaman error, sehingga harus buka tutup aplikasi. Untung saja bisa kembali dibuka tanpa harus membeli voucher lagi, sehingga tes bisa dilanjutkan. Ini kejadiannya sampai berkali-kali.

Perpanjang SIM Online dengan e-Rikkes, tidak ada kendala berarti. Semoga saja di masa depan perpanjangan bisa lebih ringkas dengan hanya satu aplikasi yang mencakup semua. Bagaimanapun juga, meski sudah menggunakan aplikasi Digital Korlantas, dan mengakses ePPsi dan e-Rikkes melalui aplikasi tersebut, tetap saja itu adalah aplikasi yang berbeda dan harus mengunduh aplikasi lagi. Bengek juga kalau harus tiga aplikasi, untung saja ketiga aplikasi ini sudah terintegrasi jadi tidak perlu upload hasil psikotes dan hasil tes  kesehatan.

Berapa Lama Waktu yang Diperlukan untuk Perpanjang SIM Online.

Berdasarkan pengalamanku,

1. Daftar di Aplikasi Digital Korlantas,16 Agustus 2022.
2. Beli Voucher (Rp37.500) dan tes di aplikasi ePPsi, 17 Agustus 2022.
3. Ajukan tes kesehatan di aplikasi e-Rikkes (17 Agustus 2022). Di sini bisa memilih pada hari apa dan tanggal berapa untuk tes, aku milihnya di tanggal 18 Agustus 2022.
4. Tes kesehatan 18 Agustus 2022, bayar tunai (Rp35 ribu).
5. Pembayaran administrasi pembuatan SIM (Rp100 ribu) melalui virtual account 18 Agustus 2022.
6. Dapat notifikasi di email bahwa SIM sudah bisa diambil (20 Agustus 2022).

Biaya Perpanjang SIM Online di Pekanbaru

1. Voucher ePPsi = Rp37.500
2. Tes Kesehatan = Rp35.000
3. Adm Pembayaran SIM = Rp100.000
    Total = Rp172.500

Semua bisa dilakukan lewat smartphone, di mana saja, kapan saja, asal ada sinyal, kecuali tes kesehatan dan pengambilan SIM.

Amplop SIM baru

Catatan: di notifikasi email lokasi Satpasnya di Polresta Pekanbaru Jalan Jenderal Ahmad Yani No11, Sago, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru. Namun, saat sampai di lokasi, dikasih tahu jika ternyata Satpas yang dimaksud yaitu Satpas yang berada di dekat Jembatan Siak III, tepatnya di Jalan Meranti Pandak, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Kamu yang ingin perpanjang SIM. Jangan sampai telat memperlanjangnya ya, karena jika itu terjadi maka harus membuat ulang dari awal.

No comments:

Post a Comment