Friday, September 30, 2022

Tingkatkan Performa dan Produktivitas dengan Asus Vivobook Pro 14 Oled

 

ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400)

Masih kuingat bertahun-tahun lalu aku duduk di depan sebuah komputer tabung dengan kaca cembungnya yang khas. Belajar mengotak-atik perangkat yang sangat asing itu. 

Tidak tahu kenapa, bapakku membeli perangkat itu, yang kutahu bapakku juga gaptek alias gagap teknologi. Dari buku-buku Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang kupelajari saat duduk di bangku Madrasah Tsanawiyah (MTs) aku belajar cara menghidupkan dan mematikan komputer. 

Dulu komputer bagiku tak ubahnya mesin tik. Hanya saja semakin berkembang dengan tenaga listrik. Bagaimana tidak, saat menyalakan komputer hanya software Word saja yang kutahu. Di buku-buku TIK juga hanya belajar tentang software pengolah kata itu saja, tidak lebih dan tidak kurang. 

Internet juga tidak semaju sekarang. Di kampungku yang berada di ujung Riau, hanya warnet yang internetnya kencang, tidak ada Android, hanya ponsel dengam sistem operasi Java. Bahkan bermain Facebook saja pakai yang versi gratisan tanpa foto.

Buku menjadi satu-satunya informasi. Bagiku, buku TIK adalah buku yang sangat ajaib. Beruntungnya aku punya buku TIK dan komputer. Apapun instruksi dari buku itu selalu kuikuti. Setiap naik kelas aku punya buku TIK baru, semakin bertambah pula pengetahuanku tentang komputer. 

Jangan Kau terkejut kawan, aku sudah bisa mengetik sembilan jari sejak masih MTS. Kenapa tidak sepuluh, karena aku hanya memanfaatkan jempol kanan untuk mengetik spasi, sementara jempol kiri kubiarkan menganggur dan makan gaji buta. 

Seiring berjalannya waktu, perangkat-perangkat komputer semakin canggih. Komputer tabung semakin jarang digunakan, bahkan komputer bisa dibawa kemana-mana, digendong, dijinjing, dan semakin mudah karena bisa dilipat. Bapakku belum berminat membelikanku laptop, karena aku masih SMA saat itu. Tapi kakakku sudah punya, tentu saja karena ia sudah kuliah. 

ASUS. menjadi merek pertama laptop yang aku ketahui. Tak hanya kakakku, teman-temanku yang punya laptop hampir semuanya bermerek ASUS.. Bahkan, setelah kakak pertamaku punya ASUS., kakak keduaku saat beranjak ke bangku kuliah juga dibelikan notebook ASUS.. 

Aku menanti-nanti apakah saat kuliah akan dibelikan juga laptop atau notebook ASUS.. Ternyata impian itu sirna, karena aku hanya dapat lungsuran bekas kakakku. Kakakku beli laptop terbaru pada masanya, ASUS. juga. Sementara aku, juga dapat ASUS., tapi tidak yang baru. Begitulah nasib adik. 

Saat memakai laptop aku selalu memahami kekurangan dan kelebihan perangkat yang kugunakan, baik sari sisi kapasitas, memori, dan kekuatan dalam menggunakan aplikasi-aplikasi tertentu. Setiap tahun Asus mengeluarkan perangkat-perangkat terbarunya, dengan kualitas dan kapasitas semakin canggih. 

Selalu kulihat reviu-reviu dari para penggun terdahulu, Youtuber-Youtuber gadget, sebelum memutuskan untuk memiliki sebuah laptop atau notebook. Dari sisi fitur, kapasitas, hingga harga. Semakin baik kualitasnya, semakin mahal harganya, dan semakin meningkat performa pemiliknya. 

Sekarang ini aku sudah menentukan laptop impian seperti apa yang kuinginkan. Dari riset melalui Google dan reviu warganet laptop terbaik impian sudah ada dalam bayangan.

Hal-hal yang Harus Dipikirkan sebelum Membeli Laptop 

Dalam memilih laptop harus ada yang dipertimbangkan. Seperti, untuk apa kita membeli laptop tersebut, fitur-fitur apa yang paling kita perlukan untuk menunjang performa kita, hingga harga yang cocok di kantong kita. 

Sistem Operasi 

Kebanyakan laptop memang pakai sistem operasi Windows. Sepanjang pengalamanku menggunakan komputer hingga laptop, memang Windows yang jadi sistem operasi yang kupilih, karena lebih fleksibel dan populer. Kalau ada masalah ada banyak kenalan dan sumber yang bisa dicari dan ditanya.

Central Processing Unit (CPU) adalah otak dari kimputer. Prosesor memiliki pengaruh besar pada kinerja komputer, tetapi hal ini tergantung pada apa yang ingin kamu lakukan. Prosesor Intel Core menawarkan kinerja terbaik dalam hal multi-tasking dan multimedia. 

Notebook berbasis Core i3 umumnya ditemukan di sistem entry-level, sedangkan Core i5 merupakan mayoritas komputer mainstream. Jika mencari laptop mainstream dengan kombinasi harga dan kinerja terbaik, dapatkan laptop dengan CPU Intel Core i5 namun jika pekerjaan yang dilakukan cukup berat maka pilihlah core yang lebih besar, seperti Core i7, Core i11 atau Intel 11th Gen CPUs. Tentu saja semakin tinggi angka core, harga juga semakin mahal. 

Kapasitas Memori RAM 

Idealnya laptop sekarang ini adalah 8 GB, pernah memakai laptop yang 2 GB memang lebih lemot dan berat untuk menggunakan aplikasi-aplikasi seperti design atau editing lainnya. Apalagi yang pakai video. Namun, mulai 4 GB untuk  aktivitas di luar design, editing, dan gaming masih bisa dipikirkan.

Tapi tetap saja, kita biasanya menginginkan satu perangkat yang multifungsi. Oleh karena itu RAM minimal 8 GB memang amat sangat dianjurkan, apalagi bagi pencinta gaming dan grafis.

RAM adalah memori akses acak adalah apa yang digunakan laptop kamu untuk menyimpan data sementara prosesor yang melakukan banyak hal. Semua hal yang sedang dikerjakan sekarang harus bisa muat pada RAM. 

Jika RAM terlalu kecil atau kehabisan RAM, maka tidak akan dapat membuka apa-apa lagi atau menyelesaikan pekerjaan. Akhirnya laptop akan membeku dan perlu di-restart.

Idealnya laptop sekarang setidaknya memiliki RAM sebesar 8GB dan 16GB. Bagi kebanyakan orang, 32GB atau lebih sudah lebih dari cukup hingga 64GB ke atas. 

SSD atau HDD

Storage Drive yang lebih penting daripada kecepatan CPU adalah kinerja drive penyimpanan. Jika membelin laptop dan tidak membutuhkan banyak penyimpanan internal, dapatkan laptop dengan solid state drive (SDD) daripada hard drive.

Ruang penyimpanan di laptop bergantung pada apa yang kamu gunakan untuk itu. Lebih baik membeli laptop dengan solid state drive (SSD), karena akan menawarkan kecepatan yang jauh lebih cepat secara keseluruhan. 

Graphics Chip untuk sebagian besar pengguna laptop, graphic chip terintegrasi (yang berbagi memori sistem) akan berfungsi dengan baik dan ditemukan di sebagian besar laptop. Jika ingin memakai laptop untuk bermain game, membuat grafik 3D, atau melakukan pengeditan video beresolusi tinggi, pasti ingin meningkatkan ke prosesor grafis dari AMD atau Nvidia

Baterai

Dengan melihat peringkat baterai dalam Watt-jam (Wh) atau milliamp-jam (mAh) semakin besar angka-angka ini, semakin lama baterai dapat bertahan. Misalnya, baterai dengan peringkat dari 44Wh hingga 50Wh akan memberi kamu ketahanan daya terbaik. 

Hal penting lain yang harus dicari di sini adalah pengisian baterai yang cepat. Sama seperti smartphone, banyak laptop baru juga mendukung pengisian baterai dengan cepat, yang selalu bagus dalam keadaan darurat. 

ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) bantu Tingkatkan Performa dan Produktivitas

ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400)

Jika sedang mencari-cari laptop atau notebookASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) bisa menjadi pilihan  terbaik. Pasalnya, ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) hadir dengan ditenagai AMD Ryzen™ 5000 H-Series Mobile Processors yang memiliki full powerful performance core untuk multitasking bahkan video editing.

Selain powerful, prosesor ini memberikan daya baterai lebih awet sehingga produktivitas harian semakin maksimal. Dilengkapi dengan kartu grafis integrasi AMD Radeon yang memberikan performa gaming yang tanpa lag. Produktivitas harian dimanapun dan kapanpun jadi maksimal dengan performa prosesor dan kartu grafis dari AMD ini.

Tentu saja dengan fitur dan kapasitas yang dihadirkan akan semakin membuat produktivitas meningkat. Apalagi bagi yang kesehariannya tidak bisa lepas dari laptop.

Bagi para desain grafis, gamer, editor dan lain-lain, ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) siap memanjakan para penggunanya. Laptop ini dibekali dengan prosesor mobile AMD Ryzen™ 7 5800H terbaru dengan grafis AMD Radeon™ graphics, memori hingga 16 GB, dan SSD PCIe® 512 GB. Bisa dipastikan dong, kerja sat set sat set, dan bisa selesai tepat waktu tanpa mikirin laptop lemot.

Tak hanya itu, layar laptop juga tampil dengan warna sangat cerah, secerah masa depan Rafathar. Tentu saja ini karena hadirnya teknologi layar OLED dari ASUS yang menjamin akurasi warna sebagus dunia nyata. Belum lagi rasio layar 16:10 yang pasti bikin betah berlama-lama di depan layar.

ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400)


Laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) menghadirkan visual yang sangat detail dan realistis, dengan gamut warna 100 persen DCI-P3 tingkat bioskop. ini berarti warna yang direproduksi pada layar lebih  kaya dan  lebih  hidup: sangat ideal untuk proyek dengan warna intensif, tetapi juga meningkatkan segala jenis konten.

ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400)

Eits, meskipun membuat betah di depan layar, Asus semakin memanjakan penggunanya dengan membekali ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) dengan teknologi low blue-light dan anti-flicker untuk kenyamanan dan kesehatan mata pengguna. Layar ASUS OLED dapat memastikan hadirnya pengalaman visual terbaik untuk segala aktivitas.

ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) juga dibekali dengan Eye Care. 70% blue-light reduction for eye care. Cahaya biru diketahui menyebabkan ketidaknyamanan visual dan menganggu kualitas  tidur. namun,karena sifat bahan pencahayaan organik khusus dalam layar OLED, laptop ini memencarkan 70 persen lebih sedikit cahaya biru yang berbahaya,  dan juga disertifikasi oleh TUV Rehinland dan SGS. lebih penting lagi, tidak seperti filter cahaya biru tradisional, menggeser spektrum berarti tidak perlu mengorbankan  akurasi warna.

teknologi ini sangat berguna, terlebih jika laptop juga digunakan oleh  anak-anak. terlebih mata anak-anak belum sepenuhnya berkembang, dengan lensa dan korne yang lebih transparan, cahaya biru yang berbahaya dapat meembus mata dengan lebih mudah, yang berpotensi menyebabkan penuaan  dini pada retina.

Ini yang semakin membuat ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) harus dimiliki. Manusia kan makhluk visual, semakin ke sini semakin ke sana. Laptop ini didesain dengan bodi yang ringkas, tipis, dan ringan. Bobot laptop ini hanya 1,4Kg serta ketebalan bodi hanya 18,9 mm sehingga semakin asik dibawa ke mana-mana, dan cocok buat pengguna yang aktivitasnya mobile. Pakai tas gendong nggak akan berat lagi tentunya.

Siapa nih yang laptopnya suka panas sampai bisa buat menyetrika pakaian.Kondisi ini tidak akan menimpa pengguna ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400), pasalnya ASUS membekali ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) dengan sistem pendingin IceCool Plus terbaru. Sistem pendingin tersebut ditenagai oleh dua kipas khusus berbahan Liquid Crystal Epoxy Polymer (SCP) sehingga dapat hadir dengan 86 bilah di setiap kipasnya. 

Sistem pendingin ASUS IceCool Plus mampu menghadirkan aliran udara 16 persen lebih baik serta memastikan ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) dapat selalu bekerja secara optimal.

ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) merupakan laptop yang dirancang sebagai perangkat penunjang aktivitas sehari-hari sehingga penggunanya dapat menjadi lebih produktif seperti touchpad dengan ukuran yang lebih luas serta keyboard ASUS ErgoSense.

Keyboard tersebut hadir dengan jarak tombol, kedalaman tekan, serta stabilitas yang telah dirancang khusus serta presisi agar penggunanya nyaman saat mengetik. 

ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400)

ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400)


Selain keyboard dan touchpad, ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) juga dibekali sistem audio khusus dengan teknologi AI Noise Cancelling. Teknologi tersebut dapat meredam suara bising di sekitar pengguna sehingga ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) dapat selalu diandalkan untuk melakukan conference call atau online meeting di berbagai kondisi.

ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) juga telah hadir dengan HD webcam terintegrasi agar penggunanya selalu siap untuk video conference kapan saja. Bagi yang kerap bekerja di mana saja namun tetap perlu terhubung dengan rekan-rekan atau klien lewat video conference,  tidak perlu khawatir lagi.

Hal tersebut dikarenakan, saat video call sudah selesai, tinggal menggeser slider privacy shutter fisik pada webcam resolusi HD yang tersedia pada ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400). Dengan demikian, tidak ada satupun pengguna di luar sana yang bisa mengintip aktivitas kita secara diam-diam lewat kamera web.

Dengan banyaknya kelebihan yang disematkan  pada ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400), mulai dari prosesor kelas performa, panel layar yang berkualitas luar biasa, hingga baterai yang sanggup bertahan lama, semuanya membuatnya layak menjadi laptop untuk menemani kegiatan komputasi sehari-hari. Apalagi tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan laptop serba bisa ini.


Main Spec. 

Vivobook Pro 14 OLED (M3400) 

CPU 

AMD Ryzen™ 7 5800H Mobile Processor (8-core/16-thread, 20MB cache, 

up to 4.4 GHz max boost) 

Operating System 

Windows 11 Home 

Memory 

16GB DDR4 

Storage 

512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD 

Display 

14-inch, 2.8K (2880 x 1800) 16:10, ASUS OLED, 90Hz 0.2ms, 600nits, 

DCI-P3 100%, Pantone Validated, VESA HDR True Black 

Graphics 

AMD Radeon™ Graphics 

Input/Output 

1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm 

Combo Audio Jack, Micro SD card reader 

Connectivity 

Wi-Fi 6 (802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5 

Camera 

720p HD camera with privacy shutter 

Audio 

Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified audio 

Battery 

50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion 

Dimension  

31.58 x 22.63 x 1.89 ~ 1.92 cm 

Weight 

1.4 Kg 

Colors 

Solar Silver

Price 

Rp12.799.000  

Warranty 

2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty 

ASUS: Merek Populer yang Terus Kembangkan Inovasi

Tidak ada yang menyangkal jika Asus adalah merek yang sangat populer. Laptop ini dipakai hampir di semua lini kehidupan, mulai dari para pekerja, mahasiswa, hingga siswa, pasti tidak ada yang tidak kenal dengan merek ASUS.

Setiap tahunnya, ASUS. terus mengembangkan inovasi dan meluncurkan produk-produk terbarunya. Tak salah, nama ASUS. sangat lekat di telinga masyarakat.

Kualitas Jempolan

Banyak dipakai masyarakat menjadi bukti bahwa ASUS. memang memiliki kualitas yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Dengan keandalan perangkat dan harga merakyat, menjadikan ASUS. sebagai merek laptop terpercaya.

Berbagai penghargaan juga telah didapatkan oleh ASUS., baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Motherboard yang Tangguh

Sebelum terjun ke pasar laptop, ASUS. sudah terlebih dahulu memproduksi motherboard. Hal ini menjadi keunggulan tersendiri bagi ASUS.. Selain namanya di dunia per-laptop-an yang melegenda, laptop ASUS. dikenal dengan motherboard yang tangguh dan dikenal banyak orang. Kualitas yang dihadirkan juga tidak main-main tentunya.

Sahabat para Gamer

Dengan bekal kartu grafis dari ATI Radeon dan Nvidia Geforce, membuat Asus bisa menjadi sahabat bagi para gamer alian pencinta game. Teknologi ini menjadikan ASUS. sangat tangguh untuk dijadikan partner dalam bermain game.  Bagi yang ingin memiliki laptop lebih dari sekedar bekerja, tapi juga bisa untuk bermain game, ASUS. bukanlah pilihan yang salah.

Garansi yang Lama

Pernah nggak berpikir, saat lagi jalan-jalan ke luar negeri, tiba-tiba laptopnya error, mandeg, atau ngadat? Atau sudah setahun pakai laptop, lalu tiba-tiba laptop nge-hang

Satu hal yang mencolok dari ASUS. adalah garansinya, yaitu sampai dengan dua tahun. Berbeda dengan merek lain yang biasanya hanya memberikan garansi maksimal satu tahun. Klaim garansi laptop ASUS. bisa dilakukan dimana saja, termasuk di luar negeri sekalipun, jadi dengan garansi yang dimiliki, pengguna Asus bisa melakukan klaim di tempat untuk dilakukan perbaikan dan bebas biaya.

Itulah berbagai hal yang dapat dipertimbangkan sebelum menentukan pilihan dalam memilih laptop sebagai bestie untuk menemani berbagai aktivitas. Tertarik dengan ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400)? Kalau aku sih Yes.

Previous Post
Next Post

0 komentar: