Thursday, November 24, 2022

Tips Berburu Tiket Go Show Solo - Madiun

KAI

Siapa nih yang suka cari-cari tiket kereta api yang murah. Saya dong, yang paling dulu mengacungkan tangan. Salah satu jalan ninjaku saat balik ke Ponorogo adalah dengan berburu tiket murah alias Go Show.

Bagaimana tidak, tiket asli kereta api jurusan Solo - Madiun dan sebaliknya itu mulai Rp130 ribu an, meskipun jarak tempuh perjalanan hanya sekitar 1 jam. Padahal sangat dekat sekali. Kalau ke Yogyakarta hanya Rp8 ribu dengan menggunakan KRL, tapi sayangnya tidak ada KRL Solo - Madiun. Namun, dengan tiket Go Show ini hanya perlu membayar Rp35 ribu untuk kelas ekonomi dan Rp50 ribu untuk kelas bisnis.

Sayangnya, tiket Go Show hanya dijual pada 2 jam sebelum keberangkatan. Tiket Go Show merupakan sisa tiket yang tidak terjual, jadi keberadaan tike Go Show juga tidak bisa dipastikan ada berapa, dan kadang kala kita tidak kebagian tiket Go Show.

Dari pengalamanku berburu tiket Go Show, aku ingin berbagi sedikit tips untuk teman-teman yang ingin melakukan perjalanan menggunakan kereta api khususnya dari Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Madiun.

Meskipun dijual sejak 2 jam sebelum keberangkatan, tapi biasanya sangat cepat habis di menit-menit awal. Saat itu, aku hendak pulang ke Ponorogo melalui Stasiun Solo Balapan - Stasiun Madiun, aku sudah menjadwalkan akan berangkat sekitar pukul tiga sore, otomatis aku harus stand by untuk membeli tiket Go Show pada pukul 1 siang.

O ya, pembelian tiket Go Show ini harus menggunakan aplikasi KAI Access, dengan sesekali me-refresh di detik-detik 2 jam sebelum keberangkatan. Pastikan juga data-data pribadi sudah dimasukkan, jadi saat waktunya tiba tinggal sat-set-sat-set tanpa isi data lagi.

Pas pukul 1 siang, aku langsung membuka aplikasi KAI Access, kulihat ada beberapa kursi Go Show tersedia, segera ku klik untuk melakukan pembelian, dan ternyata aku gagal untuk mendapatkan tiket keberangkatan pukul 3 sore tersebut karena kurang gercep.

Akhirnya, aku pun memutuskan untuk kembali berburu tiket Go Show di jam keberangkatan selanjutnya yang dijadwalkan sekitar pukul 6 sore. Aku pun kembali bersiap-siap dan memasang alarm pukul 4 sore agar tidak ketinggalan membeli tiket Go Show. Tak lupa aku mematikan sinyal WiFi dan memilih menggunakan paket data agar laju internet ponsel lebih kencang.

Pukul 4 pun tiba, aku langsung membuka KAI Access dan melihat sudah tersedia harga murah, pertanda masih tersedia tiket Go Show, buru-buru aku melakukan pembelian, tapi sayang sekali, aku kembali kehilangam karena kurang cepat.

Eitt tunggu dulu, di tengah kehampaan hati karena terancam tidak jadi pulang ke Ponorogo, iseng-iseng aku me-refresh halaman KAI Access, dan benar saja masih ada tiket Go Show tersedia, padahal sebelumnya tertulis tidak tersedia. Tak mau melewatkan kesempatan, aku pun menyentuh layar dengan jari bergetar dan harap-harap cemas apakah bisa mendapatkan tiket tersebut. Tak sempat aku memilih kursi karena memang sudah tidak ada pilihan.

Lega-kelegaan hangat saat tiba di proses pembayaran, hal ini berarti aku berhasil mendapatkan tiket Go Show jurusan Solo - Madiun seharga Rp35 ribu. Aplikasi memberikan waktu sekitar 20 menit untuk melakukan pembayaran, untung saja ada aplikasi mobile banking.

Karena saking senang, untuk pertama kalinya mendapatkan tiket Go Show, aku langsung mengambil barang-barang yang sudah ku packing sejak pagi dan memesan Maxim untuk berangkat ke stasiun, padahal masih ada waktu dua jam sementara jarak kost ku ke stasiun hanya sekitar 15 menit saja.

Di stasiun aku pun duduk-duduk menunggu kereta datang, menghabiskan dua jam ku dengan mengobrol dengan orang-orang yang duduk di sampingku. Dari situ aku bertemu dengan seorang perempuan asal Karanganyar. Ia bercerita jika hendak pergi ke Madiun juga, perempuan itu sangat terkejut karena aku berhasil mendapatkan tiket Go Show Solo - Madiun.

Menurutnya, tiket dari Solo lebih sulit untuk didapatkan, dan aku pun membenarkannya. Ia memberikan saran, jika ingin berangkat ke Madiun, tidak ada salahnya membeli tiket Go Show jurusan Yogyakarta - Madiun. Nanti tinggal scan tiket di Stasiun Solo Balapan, yah meskipun harganya lebih mahal yaitu Rp45 ribu untuk kelas ekonomi, tapi tiket dari Yogyakarta terhitung lebih banyak dan lebih mudah didapatkan ketimbang tiket Go-Show dari Solo.

Aku ingat baik-baik perkataan mbak-mbak tersebut. Bagiku pengalaman adalah pembelajaran, yang bisa didapatkan dari pengalaman sendiri maupun orang lain.

O yaa... untuk Go Show jurusan  Solo - Madiun kereta yang ada tiket ini yaitu KA Ranggajati, Gajayana, Bima, Turangga, Argo Wilis, Mutiara Selatan, Wijayakusuma, Jayakarta, Malabar, Kertanegara, dan Sancaka.

Begitulah sedikit pengalaman pertamaku membeli tiket Go Show, semoga bisa dijadikan pembelajaran bagi yang suka berburu tiket murah. 
Previous Post
Next Post

0 komentar: