Sunday, March 26, 2023

Berburu Kereta Api Go Show: Tiket Sambung Apakah Bisa?

Stasiun Surabaya Gubeng

Tim mendang-mending mana suaranya? Oke teman-teman, di tulisan kali ini aku akan kembali membahas tentang tiket kereta api Go Show yang murah meriah. O ya, sebelumnya aku juga pernah membahas tentang tiket Go Show Solo-Madiun. 


Beberapa waktu lalu aku yang sekarang ini tinggal di Kota Surakarta atau Solo hendak bepergian ke Kota Surabaya. Otomatis, pikiranku langsung tertuju untuk naik Kereta Api Indonesia (KAI). Bukannya nggak mau naik transportasi lain, tapi kalau naik bus aku bisa mabuk berat. 

Aku cari-carilah tiket di aplikasi KAI Access dan informasi seputar tiket murah Go Show di Google. Untuk tiket biasa, rute Stasiun Solo Balapan hingga Stasiun Surabaya Gubeng terdapat banyak pilihan harga. Mulai dari Rp160 ribu-an hingga Rp400 ribu-an ke atas. 

Aku pun mencoba peruntungan untuk membeli tiket Go Show, beberapa hari sebelum berangkat aku menjajal untuk mengecek harga pada dua jam sebelum keberangkatan kereta, ternyata tidak ada harga khusus untuk rute Solo Balapan ke Surabaya Gubeng. Namun, yang ada harga khusus yaitu Solo Balapan - Madiun, lalu Madiun - Surabaya Gubeng. 

Sebagai informasi tiket Go Show adalah tiket yang dijual oleh KAI pada dua jam sebelum keberangkatan kereta. Jumlahnya sangat terbatas, jadi kalau tidak cepat bisa langsung kehabisan. 

Hal ini menimbulkan pertanyaan bagiku, apakah aku bisa beli dua tiket kereta Go Show? Jika aku beli tiket Solo Balapan - Madiun dan tiket Madiun - Surabaya Gubeng, apakah nanti harus turun lagi di Stasiun Madiun untuk check in lagi? Kalau memang demikian bukannya akan menghabiskan waktu dan bisa saja saat check in ketinggalan kereta, mengingat kereta hanya berhenti selama 4 menit. 

Btw, ini tiket yang kumaksud untuk kereta api yang sama yaa. 

Akhirnya aku nekat membeli tiket Go Show dengan jurusan Solo Balapan - Madiun, lalu beberapa waktu setelahnya aku membeli lagi tiket Go Show Madiun - Surabaya Gubeng, dengan kereta yang sama yaitu Sancaka Fakultatif. 

Sepanjang perjalanan dari Solo Balapan ke Madiun, aku terus bertanya-tanya, apakah harus check in di Madiun? Ya gimana ya, aku cemas kalau tidak check in tiket akan hangus atau nanti aku ditegur oleh kondektur, dan khawatir akan diturunkan di stasiun yang bukan tujuanku. 

Harap-harap cemas, kucari di internet tapi aku tak menemukan jawabannya. Lalu iseng-iseng aku nge-tweet di Twitter, menanyakan ke @KAI121. 

"@KAI121 saya beli tiket go show dari solo ke madiun, lalu beli tiket go show lagi dari madiun ke surabaya dengan kereta yg sama dan jadwal keberangakatan yg sama. apakah di madiun saya harus boarding lagi mengingat kereta hanya berhenti sebentar?" tulisku. 

Itu pertanyaanku, tapi tidak langsung mendapatkan respons dari @KAI121. Akhirnya aku mencoba menunggu kondektur lewat kursiku. Aku masih cemas dan berpikir harus lari-lari turun kereta hanya untuk check in. 

Lalu lewatlah seorang kondektur, langsung saja kutanyakan sambil menunjukkan tiketku yang bersambungan. Melihatnya, kondektur tersebut mengatakan jika aku tidak perlu turun dan check in di Stasiun Madiun. Aku cukup duduk manis sesuai dengan nomor kursi di tiket hingga ke tujuan yaitu Surabaya Gubeng. 

Lega-kelegaan hangat akhirnya dapat kurasakan. Akhirnya aku bisa duduk tenang tanpa khawatir apapun. 

Oya, dengan kereta Go Show ini aku bisa cukup menghemat, karena dari Solo Balapan - Madiun aku cukup membayar Rp40 ribu dan dari Madiun ke Surabaya aku cukup membayar Rp60 ribu. 

Beberapa hari setelahnya, tweet-ku pada @KAI121 mendapatkan balasan meskipun menurutku sangat terlambat. Balasannya begini: 

"Selamat siang Kak. Bila yang dimaksud memiliki 2 tiket persambungan dengan KA yang sama. Silakan dapat konfirmasi terlebih dulu kepada Kondektur yang berdinas saat awal berangkat. Nantinya, membawa kedua tiket tersebut agar dibantu untuk perjalanan selanjutnya ya. Trims," balasnya. 

Kendati demikian, akhirnya aku tahu kalau punya tiket bersambungan dengan kereta yang sama, cukup check in di stasiun pertama tanpa harus check in lagi di stasiun kedua. Namun, tetap saja harus dikomunikasikan dengan kondektur yang bertugas.

Sebenarnya, ada satu tips lagi jika ingin dapat kereta murah dari Solo ke Surabaya Gubeng tanpa risiko tidak dapat tiket seperti jika membeli tiket Go Show, yaitu membeli tiket kereta api di aplikasi KAI Access rute Purwosari Solo - Surabaya Gubeng seharga Rp88 ribu dengan kereta Sri Tanjung. 

Hanya saja, setahuku kereta ekonomi Sri Tanjung kursinya tegak lurus 90 derajat berhadap-hadapan dengan penumpang lain, serta durasi perjalanannya juga lebih lama. 

Sekian pengalamanku berburu tiket Go Show dari Solo ke Surabaya. Semoga bermanfaat.
Previous Post
Next Post

2 comments:

  1. Terima kasih ya artikelnya sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, akhirnya ketemu pengalaman go show bersambung.

    ReplyDelete