Wednesday, March 29, 2023

Ide Oleh-oleh Saat Pulang Berwisata atau Pulang Kampung

Souvenir oleh-oleh

Pulang kampung (pulkam) dan kalau lebaran kerap disebut mudik merupakan agenda bagi orang-orang yang tinggal perantauan baik untuk bekerja, belajar/kuliah, dan lain-lain. Setiap pulang kampung biasanya orang-orang akan membawa oleh-oleh untuk dibawa dan diberikan kepada keluarga atau orang-orang tercinta.

Tak hanya saat pulang kampung dan mudik, oleh-oleh biasanya  juga identik dibawa oleh orang-orang yang baru saja pergi ke luar kota, luar negeri, atau berwisata  ke tempat-tempat tertentu.

Namun, kerapkali oleh-oleh membuat otak berpikir keras, kira-kira apa ya oleh-oleh yang pas untuk dibawa pulang. Berikut, aku ingin sedikit berbagi terkait ide oleh-oleh untuk pulang kampung ataupun yang baru melancong alias jalan-jalan.

Makanan Khas Daerah

Biasanya, setiap daerah memiliki makanan khas yang hanya ada di daerah tersebut, kalau pun ada di daerah lain tentu saja feel dan rasanya pasti memiliki perbedaan. Silahkan cari tahu makanan khas yang daerah rantau atau daerah yang baru dikunjungi, tetapi pastikan apakah makanan tersebut mudah basi atau tidak.

Bagaiamana pun juga, yang namanya merantau biasanya jauh. Ada makanan yang tahan lama ada juga yang hanya tahan sampai satu hari. Pastikan agar saat sampai di rumah nanti, makanan masih layak untuk dimakan.

Kalau aku biasanya ketika berbelanja ke pusat oleh-oleh selalu melihat tanggalnya, dan kapan makanan yang akan dibeli akan expired atau kadaluarsa. Jika tidak ada, jangan ragu untuk menanyakan kepada karyawan yang bertugas.

Jika sudah menentukan makanan yang akan dibeli, pilih yang tanggal expired-nya paling lama.

Pakaian

Nah,jika pulang kampungnya untuk lebaran pakaian adalah oleh-oleh yang pas untuk dibawa. Bisa berupa batik, kain tenun, atau kain-kain khas daerah lainnya.

Kios pakaian

Saat lebaran biasanya, bisa barupa batik, daster, baju koko, gamis, dan lain-lain. Terpenting adalah menyesuaikan dengan budget.

Jika berpelesiran, biasanya ada pakaian khas yang dijadikan oleh-oleh yaitu kaos bertuliskan nama daerah atau bergambar kesenian atau budaya khas daerah. Pakaian dengan ciri khas tersebut akan mudah diingat dari mana asalnya.

Souvenir

Cinderamata atau souvenir biasanya yang paling banyak dibawa saat pulang dari berwisata. Ada banyak souvenir yang bisa dipilih sebagai oleh-oleh, mulai dari gantungan kunci yang harganya biasanya sangat murah meriah, kerajinan tangan khas daerah, magnet kulkas, dan lain-lain.

Souvenir oleh-oleh

Produk Unggulan Daerah

Setiap daerah pasti punya produk unggulannya. Kalau di Indonesia, kopi bisa menjadi pilihan, karena tiap-tiap daerah di Indonesia pasti memiliki ciri khas kopi yang berbeda-beda. Oleh-oleh satu ini pasti sangat dinanti-nantikan oleh para pencinta kopi.

Tak hanya kopi, produ unggulan daerah juga bisa berupa hal lain, seperti madu, buah-buahan, dan lain-lain. Jika bingung, jangan sungkan untuk bertanya dengan warga lokal yang pasti lebih paham dan bisa merekomendasikan oleh-oleh apa yang bisa dibawa untuk pulang kampung.

Dimana biasanya membeli oleh-oleh?

Daerah-daerah wisata biasanya memiliki banyak orang yang menjajakan oleh-oleh khas, baik di lokasi wisata, pinggir jalan, dan lain-lain.

Ada yang sangat mudah ditemukan, contohnya seperti di Wisata Candi Prambanan Yogyakarta, saat keluar kita langsung disuguhkan oleh pasar oleh-oleh sehingga pengunjung tanpa perlu bingung di mana harus membeli oleh-oleh.

Baca juga: Candi Prambanan Yogyakarta

 Lalu di Sumatera Barat (Sumbar), dari Riau umumnya ketika pulang dari berpelisiran di Sumbar akan mampir ke Jam Gadang, di sini selain jamnya yang ikonik juga banyak sekali pedagang yang menjajakan pakaian, makanan, hingga oleh-oleh khas Sumbar.

Sepanjang perjalanan Riau-Sumbar juga sangat banyak kedai-kedai yang berjualan makanan khas seperti beragam kerupuk dan yang kriuk-kriuk khas ranah Minang.

Kendati demikian, tidak semua kita saat pergi ke luar kota datang ke tempat wisata, bisa jadi karena tugas kantor, atau ada agenda khusus.

Jika bingung, aku menyarankan untuk mencari di sosial media atau bisa juga di Google, Pusat Oleh-oleh di kota tersebut. Pasti akan banyak muncul gerai pusat oleh-oleh yang bisa disinggahi.

Seperti di Pekanbaru. Pekanbaru sendiri bukanlah kota wisata, mencari oleh-oleh khas mungkin sedikit rumit. Tetapi, bukan berarti tidak ada, ada banyak gerai pusat oleh-oleh yang bisa dipilih sebelum pulang.

Selanjutnya, ini adalah rekomendasi terbaik yang bisa aku berikan saat berjalan-jalan ke luar kota. Apa lagi, kalau bukan rekomendasi teman atau warga lokal. Kujamin, ini adalah pilihan terbaik. Jangan ragu untuk bertanya, karena malu bertanya sesat di jalan.

Selain itu, hal yang harus dipikirkan sebelum membeli oleh-oleh dan harus dipertimbangkan yaitu:

Budget

Pastikan budget kamu cukup untuk membeli oleh-oleh. Jangan memaksakan diri jika kantongmu saja kering, pikirkan juga tentang dirimu sendiri dan sesuaikan dengan kemampuan.

Bagasi

Ini buat yang naik pesawat, biasanya setiap penumpang akan diberi batas maksimal 20 kg untuk bagasi. Jangan sampai gara-gara oleh-olehnya kebanyakan jadi nombok untuk bayar kelebihan muatan.

Pastikan juga oleh-oleh yang dibawa tidak merepotkan diri sendiri ketika pulang. Hindari membawa barang yang terlalu berlebihan saat pulang.

Okey, sekian sedikit saran dari saya berdasarkan pengalaman pribadi. Semoga bermanfaat.

Previous Post
Next Post

0 komentar: