Monday, April 17, 2023

Wisata Kampar: Melipir ke 'Pekanbaru Coret' Jajal Sate Tulang Ocu Ijep

Sate Ocu Ijep, Kampar

Sudah lama sekali tidak merasakan sate tulang Ocu Ijep yang berlokasi sekitar 30 menit dari Panam Pekanbaru, Riau. tepatnya di Jalan Raya Pekanbaru-Bangkinang, Sungai Pinang, Kec. Tambang. Pondok Sate dan Es Tebak Ocu Ijep berada di Kabupaten Kampar, karena lokasinya yang tidak terlalu jauh kadang kami menyebutnya 'Pekanbaru Coret'. 

Sore itu, dengan niat berbuka puasa Aku dan teman-teman, yaitu Kak Ika, Kak Dewi, Angel, Yuni dan adiknya, serta Sofi berangkat dari Pekanbaru sekitar pukul 17.30 WIB lewat sedikit dengan sepeda motor, menuju Pondok Sate dan Es Tebak Ocu Ijep. 

Jalanan macet hanya terjadi di Simpang Garuda Sakti, sementara Jalan Pekanbaru-Bangkinan cukup lengang, sehingga kami bisa ke Pondok Sate dan Es Tebak Ocu Ijep dengan santai. 

Sesampainya di sana kami langsung mencari tempat duduk yang masih kosong dan nyaman, di mana lagi kalau tidak di bawah kipas angin. Panasnya cuaca hari itu, membuat kami ingin menikmati sepoi-sepoi angin buatan. 

Nonkrong di Pondok Sate Ocu Ijep, Kampar

Ada beberapa menu yang kami pesan, yaitu sate tulang, sate ayam biasa, nasi goreng, soto, es tebak, dan yang tak pernah ketinggalan tentu saja es teh. 

Meskipun nama kedainya adalah Pondok Sate dan Es Tebak Ocu Ijep, tapi menu yang dihadirkan cukup beragam. Seperti beragam jus, kopi, dan lain-lain. Semua menu dipajang deng ukuran yang dapat dibaca oleh pengunjung Pondok Sate dan Es Tebak Ocu Ijep. 

Jadi, jika tidak suka dengan sate, datang ke sini tidak perlu bingung mau pesan apa. Temanmu, yang nggak doyan sate bisa memilih beragam menu lain yang tak kalah nikmat.

Sate Tulang Ocu Ijep 

Sate Tulang Ocu Ijep

Menu ini adalah menu favoritku di sini. Namanya memang sate tulang, tapi bukan berarti 100 persen tulang. Kau tau kan Kawan, betapa nikmatnya tulang yang masih menempel daging-dagingnya, tidak terlalu tebal tapi juga tidak tipis, dicampur dengan lontong, dan disiram dengan kuah sate padang yang khas Ocu Ijep. Mak nyusss. 

Selain sate tulang, di sini juga menyediakan sate daging, sate ayam, sate ceker, dan sate campur. 

Harganya juga sangat murah menurutku, hanya Rp12 ribu untuk satu porsi sate apapun jenisnya. 

Es Tebak Ocu IIjep

Es Tebak Ocu Ijep

Es tebak yaitu es campur dari Sumatera Barat. Isiannya cukup beragam, yaitu olehan beras ketan yang mirip cendol, cincau, roti, dan lain-lain. Penyajiannya di dalam mangkuk yang kemudian ditambahi dengan es, dengan rasa yang manis. Nikmat saat disantap ketika berbuka puasa. 

Tak hanya itu, harga-harga makanan dan minuman di Pondok Sate dan Es Tebak Ocu Ijep lumayan murah. Selain sare yang seharga Rp12 ribu, es tebak dibanderol dengan harga Rp10 ribu. Nasi goreng Rp12 ribu, soto Rp10 ribu, es kosong (air es) Rp1 ribu per gelas, bahkan harga bakwan hanya seribu.

Selain harga makanan yang murah dan enak. Pondok Sate dan Es Tebak Ocu Ijep juga memiliki fasilitas ibadah bagi umat muslim beripa musala. Jadi, jika ingin buka puasa di sini, atau sekalian ingin salat juga bisa.

Kalau kami sendiri biasanya, mampir ke Pondo Sate Ocu Ijep saat pulang dari Kampar, tetapi tak jarang kami memang mengagendakan makan di sini untuk dapat menikmati lezatnya sate Ocu Ijep.

Bagaimana? tertarik makan di sini? Coba sesekali ajak makan teman-temanmu, saudaramu, atau keluarhamu, atau sendirian dan rasakan langsung. Aku yakin pasti tidak akan menyesal. 

Previous Post
Next Post

0 komentar: