Wednesday, April 12, 2023

Wisata Solo: Belanja Beragam Batik Berkualitas di Pasar Klewer

Pasar Klewer Surakarta

Berwisata ke suatu tempat tak lengkap jika tidak membeli oleh-oleh khas daerah yang dikunjungi. Jika sedang berwisata di Kota Solo atau Kota Surakarta, barang yang bisa dijadikan oleh-oleh yaitu batik.

Pasar Klewer menjadi destinasi yang menyediakan beragam batik berkualitas. Pasalnya, di pasar yang berlokasi di Jalan Jalan H. Abdul Gofur No. 01 Kelurahan Keprabon, Kecamatan Pasar Kliwon ini akan memanjakan pengunjung,  dimana dari ujung ke ujung, bermacam-macam batik  tersedia.

Semua jenis pakaian bernuansa batik tersedia di  Pasar Klewe, Kota Solo. Seperti celana, baju, daster, baju balita hingga dewasa juga tersedia.Tak hanya itu, di Pasar Klewer Solo ini juga menjual kaos-kaos yang khas akan kota berjulukan Kota Bengawan tersebut.

Pasar  Klewer layak menjadi destinasi saat berpelesir di  Kota Solo.Pasar ini juga merupakan tujuan belanja yang populer dan sayang untuk dilewatkan. Ada banyak alasan mengapa Pasar  Klewer harus dikunjungi.

Pasar Klewer Kota Solo menyediakan kain batik berkualitas dengan beragam  motif yang dihasilkan oleh pengrajinbatik yang ahli dan berpengalaman.

Batik di Pasar Klewer Solo

Meski demikian, Pasar Klewer menawarkan harga yang terjangkau. Tak salah, jika pasar ini menjadi tujuan favorit wisatawan ataupun warga  setempat.

Tak hanya pakaian,  di Pasar Klewer juga menjual produk  kerajinan tangan yang unik, seperti tas, dompet,  danaksesoris lain. Produk-produk tersebut merupakan  produk buatan tangan (handmade) para pengrajin yang ahli dan berbakat.

Pasar Klewer merupakan pasar tradisional yang memiliki  nuansa khas Jawa, terlihat dari arsitektur bangunan yang khas dengan atap bergaya Jawa. Saat berkunjung ke sini, nuansa tradisional akan sangat terasa.

Pasar Klewer, Solo

Lokasi  yang strategis di pusat Kota Solo, menjadikan Pasar Klewer mudah untuk dijangkau dengan transportasi umum.

Belanja di Pasar Klewer

Beberapa waktu lalu, aku dan teman-temanku berkunjung ke Pasar Klewer. Tempat parkirnya tepat di depan pasar. Ini parkir buat motor ya.

Usai memarkirkan kendaraan, kami langsung masuk ke gedung Pasar Klewer. Meskipun namanya adalah pasar tradisional, tapi  penataan pasar ini cukup rapi.

Pasar Klewer, Solo

Ketika kami masuk kami sudah disambut dengan kios-kios yang hampir semuanya menjual batik. Terdapat dua eskalator menuju lantai dua, eskalator naik dan eskalator turun.

Tetapi kami memilih untuk berbelok ke kanan,  berkeliling-keliling terlebih dahulu. Di sisi lainnya juga terdapat anak tangga yang menghubungkan antara lantai satu dengan lantai dua.

Jujur, berbelanja di sini membuatku bingung, bingung harus pilih yang mana. Temanku Diah berencana membeli daster dan mukena. Harga yang ditawarkan oleh ibu-ibu penjualnya juga bervariasi, mulai dari Rp100 ribu dapat tiga, Rp50 ribu per daster,  hingga Rp80 ribu per daster. Sementara  aku, masih bingung menimang-nimang mana yang akan kubeli.

Alhasil, meskipun  hari itu sebenarnya aku punya banyak daftar yang harus dibeli, tapi urung kulakukan. Hari itu, cukup survei  saja.

Beberapa hari kemudian, akukembali mendatangi Pasar  Klewer  untuk menceklis daftar yang sudah kubuat.

Tidak perlu waktu lama, aku mendatangi salah satu kios tak jauh dari pintu depan. Dalam satu kios saja sudah ada pakaian batik untuk balita, anak-anak, hingga dewasa.

Aku yang malas  gerak kemana-mana karena sendirian, akhirnya memutuskan untuk berbelanja di satu kios saja.

Namun, karena  waktu masih terlalu  banyak aku pun berjalan-jalan ke lantai  dua dengan naik eskalator, baju-baju batik memberikan sambutan luar biasa. Sempat menyesal karena tadi tidak memutuskan untuk berkeliling terlebih dahulu sebelum  melakukan pembelian.

Tapi tak apa, aku sudah  mendapatkan apa yang  aku inginkan. Jalan-jalan sedikit, muter-muter, akhirnya aku pulang. Belanja sendirian memang mempercepat waktu, tapi bikin tidak semangat berbelanja.

Tertarik ke Pasar Klewer?

Previous Post
Next Post

0 komentar: