Saturday, November 24, 2018

Unggah Foto di Medsos, Ajang Pamer yang Bermanfaat



Generasi Zaman Now pasti mengenal apa itu media sosial, sebuah media yang berfungsi untuk memperdekat suatu jarak, sebuah media untuk menunjukkan kepada khalayak siapa kita, aktivitas apa yang digunakan hingga apa yang tak disukai. Kebanyakan orang Zaman Now menyukai kegiatan membagikan aktivitas sehari-hari melalui media bernama media sosial.

Adanya media sosial kerap kali dijadikan ajang pamer bagi sebagian orang, seperti berfoto. Satu benda yang pasti ada ketika melancong atau bepergian ke tempat wisata. Tak lain tak bukan pasti kamera, baik itu kamera handphone atau kamera yang paling canggih sekalipun.

Posting kegiatan perjalanan sudah menjadi hal wajib, berfoto dan mengunggah ke media sosial seperti sudah menjadi kebutuhan primer yang wajib dipenuhi bagi manusia masa kini, entah untuk kepuasan diri atau hanya untuk pamer, yang pasti itu adalah sebuah bukti bahwa seseorang pernah menginjakkan kaki  di suatu tempat tertentu.

Setiap orang pasti menyukai keindahan, lihat pemandangan cekrek, lihat sawah cekrek, pergi ke mall cekrek, pergi ke pasar cekrek, lewat jembatan cekrek, lihat buaya cekrek. Cekrak-cekrek menjadi hal biasa bahkan wajib bagi sebagian orang ketika berjumpa dengan hal yang dirasa cukup unik.

Setelah kegiatan menghabiskan waktu tersebut usai pasti pemilik foto akan segera mengunggah ke media sosial, baik melalui Instagram, Facebook, Whatsapp atau aplikasi lainnya. Beberapa orang akan berdecak kagum melihat pemandangan di belakang objek utama manusia yang difoto, “Wah keren tempatnya,” kemudian ia berinisiatif untuk mengunjungi tempat tersebut untuk mendapatkan hasil yang sama atau lebih keren dengan pengambilan angle yang berbeda.

Hobi generasi zaman now ini bahkan mendapat perhatian dari pemerintah, kegemaran berfoto di tempat-tempat menarik memberikan inspirasi untuk menciptakan pariwisata seperti spot foto bagi mereka yang memiliki kegemaran tersebut. Sudah banyak daerah yang membuat tempat-tempat wisata buatan demi menarik perhatian wisatawan, seperti daerah Wisata Agro Sungai Pinang Kabupaten Kampar dimana di sana dibuat rumah terbalik, balon terbang, dan rumah mini sebagai spot foto.

Selain itu, daerah wisata yang dulunya kurang mendapat perhatian khusus atau perawatan, kini diperbaiki dan dipermak sedemikian rupa baik dari segi fasilitas seperti jalan ataupun toilet sehingga wisata tersebut semakin digandrungi oleh wisatawan.

Tentu saja hal ini sedikit banyak memberikan dampak positif bagi warga sekitar dilihat dari sektor perekonomian, semakin banyak masyarakat yang datang, semakin banyak pula pendapatan warga yang tinggal di area tempat wisata.

Dengan mengunggah foto ke sosial media, tanpa disadari sudah mempromosikan suatu daerah wisata kepada teman atau pengikut dari media sosial yang digunakan. Jangan kegemaran berfoto seseorang, atau mengejek seseorang karena suka pamer di media sosial, percayalah! Tanpa orang-orang seperti itu daerah wisata tidak akan ramai pengunjung.

No comments:

Post a Comment

Adbox