Cari

cari

Thursday, April 25, 2019

Belajar dan Bermain di Taman Agrowisata Tenayan Raya


Dari Jalan Parit Indah, lurus terus, tetap fokus lalu belok ke Jalan Kadiran. Lihat ke sebelah kanan, kalau ada papan nama tulisan Taman Agrowisata Tenayan Raya, silahkan mampir.

Waktu pertama kali masuk ke gang menuju Taman Agrowisata Tenayan Raya, aku melihat pemandangan ladang buah kelengkeng dan ladang jagung. Eits, tapi ini belum masuk ke gerbangnya ya.

Nah ketika masuk melalui pintu masuk, aku disuguhkan dengan pemandangan kolam pancing. Airnya berwarna hijau, ketika melongok ke air ikan-ikan langsung kocar-kacir menyembunyikan diri. Mungkin dia takut melihat wajah pengen tahu ku.

Kolam pancing Taman Agrowisata Tenayan Raya

Di tengah-tengah kolam itu ada pondok yang cukup besar, ada jembatan penghubung agar pengunjung bisa ke sana. Biasanya tempat itu digunakan untuk memberikan ice breaking kepada anak-anak sekolah yang datang ke Taman Agrowisata Tenayan Raya ini. Selain itu bisa juga mancing di pondokan ini, tapi jorannya dilempar ke air ya, jangan ke pondoknya.

Di sini juga disediakan mentor, tapi biasanya kalau mentor itu diberikan untuk yang datang rombongan. Pertama anak-anak yang datang akan diberi ice breaking atau sedikit teori tentang pertanian dan peternakan. Ya kan namanya agrowisata. Setelah itu terjun langsung ke kebun-kebun yang telah di sediakan atau memberi makan ternak yang ada di Taman Agrowisata Tenayan Raya.

Kebunnya apa aja sih yang ada di Taman Agrowisata Tenayan Raya?

Kebun jambu Taman Agrowisata Tenayan Raya

Banyak, ada kebun lengkeng, ladang jagung, kebun jeruk, sawah, dan jambu. Tapi kalau mau ke kebun jambu harus benar-benar niat beli ya, kalau tidak ingin beli tidak boleh masuk ke dalam. Ya beli minimal sekilo lah, tapi jambunya ini jambu madu, manis seperti madu. Sekilonya Rp 40 ribu.

Kalau Ternak di Taman Agrowisata Tenayan Raya?

Sarang lebah kelulut Taman Agrowisata Tenayan Raya

Ada sarang lebah kelulut, lebah ini lebah yang ramah manusia, dia tidak menyengat dan aman untuk manusia, hanya saja lebah ini suka mengerubungi rambut dan yang berwarna hitam. Terus ada kandang kambing, kita bisa memberi makan kambing secara langsung. Satu lagi, lele, nanti yang datang bisa berburu menangkap lele, biasanya untuk yang ambil paket rombongan.

Kandang kambing Taman Agrowisata Tenayan Raya

Kandang kambing Taman Agrowisata Tenayan Raya

Spot Instagramable

Yang paling aku sukai dari Taman Agrowisata Tenayan Raya itu, Rumah Hobbit. Tahu kan apa itu Rumah Hobbit, itu adalah rumah milik Frodo dan suku Hobbit di Film Lord of The Ring. Wisata Rumah Hobbit ada juga di Lembang, dan aslinya di New Zealand. Dari pada jauh-jauh datang ke luar negeri atau ke Pulau Jawa mending datang ke sini.

Rumah hobbit Taman Agrowisata Tenayan Raya

Di depan Rumah Hobbit, ada jembatan kecil, di depannya lagi ada dua pondok dari kayu, saling terhubung dengan jembatan gantung. Ini sebenarnya seluncuran untuk anak-anak. Tapi aku main juga hahaha.

Selain itu, di tepi-tepi kolam pancing tadi banyak tempat duduk. Di bentuk seperti jamur, warnanya merah dengan polkadot berwarna putih. Juga terdapat kolam renang yang aman untuk anak-anak. Di atas kolam renang dipasang tali untuk menyeberang, jadi ala-ala tarzan gitu, atau ala-ala Ninja Warrior, tahu kan? tahu aja lah.

Kolam renang Taman Agrowisata Tenayan Raya

Untuk fasilitas salat, di belakang pondokan yang buat mancing, ada masjid apung. Tidak benar-benar terapung, tapi dia sama dengan pondokan mancing. Letaknya di tengah-tengah kolam, di sana juga bisa merasakan semilir angin sepoi-sepoi yang lewat.

Menuju musala Taman Agrowisata Tenayan Raya

Ada juga olahraga sunnahnya lo, seperti panaha. Selain itu juga bisa main ATV dan lain-lain.

Biaya masuk ke  Taman Agrowisata Tenayan Raya

Untuk paket rombongan, per anaknya Rp 50 ribu. Paket rombongan ini untuk edukasi, biasanya yang datang siswa atau pun mahasiswa. Ini yang kuceritakan diatas dan ada mentor  atau guide yang memandu perjalanan.

Untuk wisata per orangan Cuma Rp 10 ribu. Jalan-jalan sore sambil menikmati agrowisata atau menghabiskan waktu bersama keluarga di akhir pekan.

Sekian dulu ulasanku, selamat berjalan-jalan.

No comments:

Post a Comment

Adbox