Friday, January 20, 2023

Liburan Akhir Tahun di Malang: Santerra de Laponte

Santerra de Laponte, Malang

Tahun 2022 adalah tahun yang sangat berkesan. Mengakhiri tahun tersebut aku berwisata keluarga Bersama bulek, kakak, dan sepupuku di Kota Malang, tepatnya di Taman Flora Wisata Santerra de Laponte, Batu, Malang.

Taman Flora Wisata Santerra de Laponte merupakan destinasi wisata yang menonjolkan keindahan beragam dari ratusan tanaman bunga, serta bangunan-bangunan bertemakan Eropa dan Korea Selatan.

Santerra de Laponte, Malang

Sebelum ke Malang, aku, bulek, dan sepupuku berangkat dari Kota Ponorogo pada tanggal 31 dini hari ke Kota Madiun kemudian naik kereta api dari Stasiun Madiun ke Stasiun Malang.

Perlu waktu sekitar 5 jam lamanya menempuh perjalanan. Saat kami sampai di sana, kami disambut dengan hangatnya Mentari pagi Malang yang tersenyum ceria. Setelah itu, kami pun menuju tempat tinggal kakakku di Kota Malang.

Baca Juga: Tips Sewa Motor di Kota Malang

Kami berangkat ke Batu sekitar pukul 10.30 WIB. Kota Malang yang sejuk menampik panasnya matahari yang bersinar. Hujan bulan Desember juga turun dengan malas dan sangat labil. Beberapa saat hujan, kemudian berhenti, panas lagi, hujan lagi, begitu seterusnya.

Sepanjang perjalanan, kami kerap berhenti sementara untuk menunggu hujan reda dan cuaca kembali bersahabat untuk menempuh perjalanan.

Kota Batu berada di lereng pegunungan yang diapit oleh beberapa gunung seperti Gunung Panderman, Gunung Arjuno, dan Gunung Anjasmoro. Tak heran, meskipun Kota Malang sudah cukup sejuk menurutku, di Kota Batu lebih sejuk. Jadi jangan lupa bawa pakaian hangat jika berkunjung ke Kota Batu.

Seperti akhir tahun pada umumnya, alias high season, jalanan menuju Wisata Taman Flora Santerra cukup ramai. Apalagi saat sudah masuk ke area wisata.

Ratusan kendaraan mengantre untuk masuk, mulai dari sepeda motor hingga kendaraan roda empat.

Saat berhasil mengambil karcis parkir dan memarkirkan kendaraan dengan baik, kamu langsung menaiki anak tangga yang di atasnya tertulus ucapan selamat datang di Wisata Taman Flora Santerra.

Suasana bulan Desember selalu identik dengan Natal, Sinterklas, pohon natal, serta pernak-pernik Natal. Tak heran hiasan-hiasan khas Natal menghiasi berbagai sisi saat memasuki area wisata.

Setelah masuk ke area rumah kaca dengan banyak tanaman-tanaman hijau yang rindang, kami terus masuk mengikuti jalanan yang dilalui oleh orang-orang, kemudian membeli tiket di loke penjualan.  Harga tiket Wisata Taman Flora Santerra Desember 2022 yaitu Rp35 ribu untuk orang dewasa.

Aku sudah menyiapkan kamera untuk mengabadikan momen, tetapi tiba-tiba Mba Is meminta untuk memasukkan kamera ke dalam tas, sembari menunjuk sebuah kertas yang ditempel menginformasikan jika membawa kamera maka akan dikenalan charge Rp50 ribu. Sayang sekali bukan?

Setelah berhasil melewati petugas pemeriksa tiket kami masuk ke rumah kaca selanjutnya. Rumah kaca tersebut memberikan suasana hangat di tengah dinginnya Kota Batu.

Ada banyak tanaman di berbagai sisi, di dalam pot, hinga yang menjuntai. Suasana ini mengingatkanku pada dekorasi bunga di sebuah pesta pernikahan.

Santerra de Laponte

Terus berjalan masuk, kita akan menemukan jalan keluar. Bukan, bukan langsung keluar dari Wisata Flora Santerra, tapi ke luar untuk menikmati fasilitas lainnya yang berkonsep outdoor.

Selain bunga-bunga asli yang ditanam dengan rapi dan indah juga ada sebuah jalan menyerupai gang-gang yang sering kulihat di drama Korea. Bagaimana tidak, tulisan-tulisan ditulis dengan aksara Korea, yang aku pun tak paham apa maksud kata-kata tersebut.

Santerra de Laponte

Ada banyak pasangan muda-mudi yang menyewa pakaian khas Korea Selatan dan berfoto di Wisata Taman Flora Santerra ini.

Di sekeliling Wista Taman Flora Santerra juga banyak bangunan khas Eropa yang berwarna-warni, tapi ini tentu hanya hiasan yang tidak bisa dimasuki, hanya bisa dimanfaatkan untuk berfoto mengabadikan momen.

Santerra de Laponte

Spot-spot lain yang bisa dikunjungi di Wisata Taman Flora Santerra yang lain yaitu pemandangan bunga-bunga yang indah, pemandangan pegununangan yang ciamik, dan lain-lain.

Santerra de Laponte

Selain itu, juga ada wahana-wahana permainan yang dapat dinikmati, seperti perosotan Pelangi (rainbow slide), virtual reality, scooter listrik, perahu putar, mini outbound, trampoline, istana balon, mini flying fox, house of terror, mobil golf, cinema 7D, ontang-anting, robot elctrict, komedi putar, hingga bombom car.

Jadi kalau lelah berjalan kaki bisa naik mobil golf dan berkeliling di Wisata Taman Flora Santerra. Fasilitas lainnya juga lengkap, baik itu musala, tempat makan, dan lain-lain. Sediakan saja uang yang cukup untuk dapat bersenang-senang Bersama orang-orang tersayang.

Kalau kami, aku, Rani, Mba Asna, dan Mba Is hanya berjalan-jalan, foto, dan makan-makan, kemudian pulang.

Taman Wisata Flora Santerra de Laponte sangat cocok sekali untuk para pencinta tanaman. Kita juga boleh membeli beberapa tanaman yang sudah disediakan, ada banyak variasi yang bisa dipilih. Pasalnya, saat henda ke luar dari area, kita akan masuk ke rumah kaca yang lain.

Di rumah kaca ini, dipajang beragam tanaman hias kesukaan ibu-ibu. Tinggal pilih saja dan bisa langsung dibayar dan dibawa pulang. Bagaimana? Berminat ke Wisata Taman Flora Santerra de Laponte? Cocok sekali untuk wisata keluarga.

Latest
Next Post

0 komentar: